Hari Radio Sedunia [mirkosmosa]

Hari Radio Sedunia

PinkKorset.com – Pencanangan Hari Radio Sedunia (World Radio Day) pada 13 Februari untuk memperingati sejarah ditemukannya teknologi radio.

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk pendidikan, organisasi dan kebudayaan, UNESCO, mencanangkan Hari Radio Sedunia pada 13 Februari 2012. Tanggal tersebut dipilih sesuai dengan peluncuran  United Nations Radio pada 1946.

Ide ini muncul ketika delegasi permanen UNESCO, Spanish Academy of Radio menganggap radio sebagai salah satu instrumen penting dalam perubahan sosial dunia. Radio menjadi penghubung individu sekaligus masyarakat dalam membagi ilmu dan informasi.

Teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan metode modulasi dan radiasi elektromagnetik ini melintasi udara maupun ruang hampa. Saat ini transmisi gelombang audio dikenal dengan dua tipe, modulasi amplitudo (AM) dan modulasi frekuensi (FM).

Pertama kali ditemukan, radio digunakan pada bidang maritim untuk mengirimkan pesan telegraf melalui sandi morse. Pertama kali diaplikasikan Angkatan Laut Jepang ketika memata-matai armada Rusia pada Perang Tsushima 1901.

Radio digunakan sebagai media penyiaran informasi suara pada 1920-an. Kala itu pesawat radio populer di Eropa dan AS. Saat ini teknologi radio berkembang menjadi radio internet, radio satelit dan radio berdefinisi tinggi.

Belum Ada Berita Terkait