Kiat Tepat Cegah Jerawat [huffpost]

Kiat Tepat Cegah Jerawat

PinkKorset.com, Jakarta – Membersihkan wajah saja tidak cukup menghindari jerawat. Anda perlu melakukan beberapa langkah ini.

Memang menjaga kebersihan wajah wajib dilakukan untuk menghindari risiko jerawat (acne vulgaris). Peradangan akibat penyumbatan pori karena penumpukan minyak (sebum), sel-sel kulit mati dan bakteri ini menyebabkan kulit membengkak, ruam kemerahan dan bernanah.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Siloam Hospitals TB Simatupang, dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK, Dip. AAAM, MH.Kes, FKCCS menjelaskan, biasanya jerawat dipicu beberapa faktor, antara lain perubahan hormon pada fase pubertas, keturunan, jarang membersihkan wajah atau kurang membersihkan makeup kurang sempurna.

“Tapi beberapa gaya hidup dan pola makan juga memengaruhi munculnya jerawat. Khususnya pada orang dengan bakat (keturunan) jerawat,” ucapnya usai acara Good Bye Acne: Be Beautiful and Confident with Derma Angel di Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Dr. Edwin menambahkan, selain membersihkan wajah pada pagi, siang dan malam, Anda juga harus menghindari konsumsi suplemen vitamin E, merokok serta diimbangi pola tidur tepat.

“Tidur malam sebaiknya dilakukan selama 6-8 jam dan dimulai sebelum pukul 23.00 WIB,” sambungnya.

Tak hanya itu, pola makan juga perlu diatur. Orang dengan bakat jerawat memiliki kulit berminyak. Sehingga mereka harus mengurangi makanan berminyak dan makanan serta minuman manis. Asupan gula berlebih akan diubah tubuh menjadi cadangan lemak yang semakin memicu jerawat. Anda juga perlu mencukupi keseimbangan cairan tubuh dengan minum 30 ml per kg berat badan.

Sementara riasan wajah sebaiknya tidak tebal agar pori-pori tidak mudah tersumbat. Sebaiknya lindungi wajah menggunakan sunscreen setiap empat jam. Ketika berjerawat juga perlu menghindari pelembab.

Bila jerawat muncul sebaiknya tidak sering menyentuh dan memencetnya. Anda dapat menggunakan plester jerawat (acne patch) yang dapat menyerap minyak, cairan dan nanah, misalnya saja Derma Angel.

Product Manager PT Natural Nutrindo Nurhayatini menambahkan, Derma Angel berfungsi menyembuhkan jerawat dengan kandungan hydrocolloid dressing dan menyembunyikan jerawat dalam bentuk plester transparan, tipis, daya lekat kuat, menyatu warna kulit, menyesuaikan kontur wajah serta riasan.

“Berdasarkan pengujian klinis BenQ Medical Center, Tiongkok (2012), Derma Angel lebih efektif menghilangkan jerawat ketimbang 0,025% tretinoin creams,” ujarnya.

Produk ini tersedia dua pilihan, Day Use dan Night Use dengan isi masing-masing 12 plester. Ada pula kemasan isi kombinasi (12 plester Day Use dan 6 plester Night Use). Derma Angel dipasarkan dengan harga berkisar Rp36 ribu – Rp51 ribu dan tersedia di modern pharmacy serta e-commerce.

Kiat Tepat Cegah Jerawat