Mengapa Motor Perlu Ban Tubeless Lebar? [Pinkkorset]

Mengapa Motor Perlu Ban Tubeless Lebar?

PinkKorset.com, Jakarta – Saat ini tidak sedikit motor menggunakan ban tubeless dan berbentuk lebar. Mengapa pengendara motor banyak memilih ban tersebut?

Motor tidak hanya moda transportasi milik laki-laki saja. Kini perempuan pun banyak yang memanfaatkan motor untuk bekerja. Tidak sekadar menggunakannya saja, Anda pun perlu mengetahui tipe ban, khususnya ban tubeless bentuk lebar.

Service Education Aftersales Service Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Ridwan Arifin menjelaskan, ban tipe tubeless berbentuk lebar lebih aman digunakan ketimbang ban biasa. Bentuk ban lebar lebih stabil digunakan pada jalan tidak rata. Ban tubeless juga tidak mudah kempes ketika tertusuk benda tajam.

“Pengendara motor perempuan juga lebih cocok dengan ban ini. Ketika ban tertusuk paku angin tidak langsung habis sehingga tidak repot mendorong motor,” ucapnya saat peluncuran New Fino 125 Blue Core di Jakarta, Sabtu (30/9/2017).

Ban tubeless tetap menahan angin dalam ban ketika tertusuk benda tajam atau paku. Asalkan tidak mencabut paku dan bukan paku berukuran besar.

Kelebihan ban tubeless terletak pada rancangannya. Ban ini tidak memiliki ban dalam atau tube seperti pada ban biasa. Kendati tidak memiliki tube tetapi dapat menahan angin dengan struktur khusus ban ini. Umumnya ban tubeless lebih mahal ketimbang ban biasa. Sebagian besar produsen motor tidak membekali produknya dengan ban tubeless.

Mengapa Motor Perlu Ban Tubeless Lebar?

Namun berbeda dengan salah satu produk motor Yamaha. Misalnya varian motor matik terbarunya, New Fino 125 Blue Core. Motor ini telah dilengkapi ban tipe tubeless dengan bentuk ban lebar (depan 80/80 dan belakang 100/70).

“Motor ini cocok untuk perempuan karena lebih stabil dikendarai di jalan rusak dan belok. Enggak khawatir ketika ban tertusuk,” kata Brand Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Tisha Angelia.

Tak hanya itu, Fino terbaru ini 50% lebih irit dengan teknologi Blue Core. Ditambah lagi Stop and Start System yang mampu mematikan mesin setelah lima detik tidak menarik gas.

Sementara fitur keamanan, motor ini disisipkan Smart Lock System atau pengunci rem, Advance Key System untuk menemukan lokasi motor dan membuka penutup kunci serta Smart Side Stand yang mematikan mesin ketika standar samping diturunkan.

Desain motor dirancang stylist dan penuh warna. Tersedia tiga tipe New Fino 125 Blue Core, antara lain Grande, Premium dan Sporty.  Adapun harga dibanderol dengan kisaran Rp17.300.000 – Rp18.500.000 OTR Jakarta.