Pendingin Udara Tanpa Listrik [ist]

Pendingin Udara Tanpa Listrik

PinkKorset.com – Ilmuwan berhasil membuat plastik khusus yang bekerja memantulkan panas dan menurunkan temperatur.

Insinyur mekanik sekaligus ilmuwan material University of Colorado Boulder, Xiaobo Yin dan rekan-rekannya telah menemukan tiga senyawa metamaterial dalam sebuah lembaran tipis berbahan dasar polimer polymethylpentene.

Material tipis dan transparan ini disisipkan manik-manik kaca berukuran sangat kecil dengan lapisan perak reflektif. Manik-manik kaca ini dirancang dengan ukuran tepat untuk menginduksi efek kuantum (phonon polariton resonance). Sehingga material ini dapat memantulkan 96% cahaya matahari dan radiasi infra merah. Alhasil benda apapun di balik material ini tidak panas

Prinsip kerja ini seperti suhu Bumi yang lebih dingin pada malam hari ketimbang siang hari. Bumi menerima cahaya infra merah matahari pada siang hari. Sementara malam hari Bumi justru memancarkan sinar infra merah ke alam semesta.

Bila material ini diaplikasikan di rumah dapat mendinginkan ruangan setara penyejuk udara berdaya 90 – 110 watt/m2 selama 72 jam ketika terpapar terik matahari. Efek ini dapat diperoleh dengan memasang material tersebut 10 – 20 m2 di atap rumah. Material ini juga bisa digunakan untuk mendinginkan pembangkit listrik dan panel surya.

Pendingin Udara Tanpa Listrik

[livescience]

Belum Ada Berita Terkait