Penyebab Kotoran Tidak Mulus [verywell]

Penyebab Kotoran Tidak Mulus

PinkKorset.com – Anda mungkin tidak memahami mengapa ketika BAB terlihat beberapa makanan tidak tercerna.

Ada beberapa hal yang menyebabkan kotoran (tinja) terlihat tidak mulus. Umumnya kondisi ini terjadi ketika Anda menyantap makanan tinggi serat seperti jagung, wortel, biji-bijian, sereal dan kacang-kacangan. Penyebab utamanya yakni kandungan pati (karbohidrat) dalam bahan makanan tersebut.

Hampir seluruh makanan nabati mengandung karbohidrat kompleks yang sulit diubah tubuh menjadi sumber tenaga tubuh. Salah satu cara untuk meringankan kerja pencernaan yakni dengan mengukus bahan makanan tersebut. Sehingga lunak, mudah diurai dan diserap sistem pencernaan.

Beberapa makanan seperti kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki cangkang keras yang tidak bisa dicerna enzim tubuh manusia. Misalnya kulit tipis pada setiap butir jagung terdiri atas selulosa yang tetap utuh walaupun sudah dicerna tubuh.

Kotoran juga tidak halus jika Anda tidak mengunyah makanan dengan sempurna. Pencernaan makanan dimulai dari proses  kunyah di mulut. Bila Anda tidak menghaluskan makanan sebelum ditelan akan memberatkan kerja enzim dalam saluran pencernaan.

Namun, ada kalanya kondisi ini disebabkan waktu transit makanan dalam sistem pencernaan (motilitas) terlalu tinggi. Umumnya orang normal membutuhkan waktu 24-74 jam untuk mencerna makanan hingga menjadi tinja. Tetapi beberapa orang memiliki waktu cerna lebih cepat sehingga makanan tidak tercena dengan baik. Tingkat motilitas dipengaruhi kesehatan otot usus besar dan komposisi diet.

Anda tidak perlu khawatir bila tinja tidak mulus. Tetapi perlu waspada ketika kondisi ini disertai diare atau penurunan berat badan. Gejala ini dapat mengindikasikan Anda mengalami kegagalan penyerapan nutrisi (malabsorbsi) yang terkait penyakit celiac, Crohn dan insufisiensi pankreas.