Restoran Padang Bernuansa Nusantara [padang merdeka]

Restoran Padang Bernuansa Nusantara

PinkKorset.com, Jakarta – Sebuah restoran baru di Kawasan Kota Tua menyuguhkan interior penuh ukiran batik dengan hidangan autentik Padang.

Bila Anda berjalan-jalan di sekitar Museum Fatahillah, Kota Tua tidak ada salahnya menyambangi Padang Merdeka. Restoran ini menempati sebuah bangunan tua yang terlihat penuh dengan jendela.

Restoran Padang ini terbilang tidak biasa. Bukan unsur seni dan budaya Minangkabau yang mencolok, melainkan simbol persatuan dan kesatuan Indonesia. interior restoran ini menampilkan gambar para pejuang Indonesia dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang terlukis di dinding.

Bagian dalam restoran penuh dengan unsur detail ukiran pada dinding maupun langit-langit. Di sisi pintu masuk tampak ukiran Gunungan Wayang dan motif segitiga inspirasi dari pucuk rebung padang. Seluruh ornamen ini dihiasi dengan motif batik, antara lain Batik Solo, Batik Jogja, Batik Parang Kencana dan Batik Kawung. Sementara bagian langit-langit terdapat rangkaian kubus membentuk peta Indonesia dan motif Toraja pada pilar-pilar bangunan.

Pemilik Padang Merdeka Dandy Wijaya mengatakan, dekorasi interior ini upaya menonjolkan budaya Indonesia dan nilai patrotisme yang kian luntur seiring perkembangan zaman.

“Ini salah satu alasan Padang Merdeka hadir untuk mengingatkan kembali perjuangan dan kebudayaan Indonesia,” ucapnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Untuk urusan menu makanan, Padang Merdeka menyuguhkan kuliner cita rasa Bukittinggi. Beberapa menu andalan restoran ini antara lain ayam pop, ayam goreng, rendang, dendeng kering dan dendeng balado.

Penyajian hidangan seperti layaknya rumah makan padang, belasan menu disajikan sekaligus di atas meja makan. Sajian ini termasuk nasi putih, rendang, ayam pop, sayur nangka, sayur ubi tumbuk, sambal cabai hijau, sambal cabai merah, ikan gule dan daging cincang.

Padang Merdeka memboyong juru masak asal Padang untuk menjaga cita rasa autentik Padang. Tak hanya itu saja, sebagian besar bumbu masakan didatangkan langsung dari Sumatera.

“Sebanyak 75% bumbu berasal dari Sumatera karena kualitasnya lebih bagus ketimbang di Jawa,” ucap Manajer Operasional Padang Merdeka, Iwan.

Seluruh harga menu di Padang Merdeka berkisar Rp18 ribu – Rp30 ribuan. Tersedia 140 kursi yang terbagi atas smoking room dan non smoking room. Anda dapat menyambangi restoran ini setiap hari pada pukul 09.30 – 24.00 WIB.

Belum Ada Berita Terkait