Tuna Raksasa Laku Miliaran [theabta]

Tuna Raksasa Laku Miliaran

PinkKorset.com – Nelayan yang dikenal sebagai ‘Raja Tuna’ ini lagi-lagi memenangkan lelang setelah tuna seberat 212 kg laku jutaan yen.

Tuna berjenis Bluefin itu menghasilkan uang sebesar 74,2 juta yen atau hampir Rp8,5 miliar! Pebisnis sushi bernama Kiyoshi Kimura adalah pembeli ikan tersebut dalam sebuah lelang di pasar ikan Tsukiji, Tokyo, Kamis pagi (5/1/2017) waktu setempat.

Kimura adalah pemilik restoran sushi ternama di Jepang, Sushizanmai. Pada harga tersebut, sepotong sushi tuna di tempatnya akan dihargai sekitar US$85 atau Rp1,1 juta, kurang lebih 25 kali lebih mahal ketimbang sushi biasa yang dijual di 51 gerai di seluruh Jepang milik Kimura.

Tuna Raksasa Laku Miliaran

[ST]

“Memang sedikit mahal tapi saya senang bisa memenangkan lelang ini. Bentuk dan ukuran ikannya bagus,” kata Kimura yang terkenal suka menggelontorkan banyak uang di lelang pertama Tsukiji setiap tahunnya. Enam tahun berturut-turut ia selalu mendapatkan yang terbesar.

Rekor Bluefin yang pernah dibayar Kimura adalah US$1,8 juta atau sekitar Rp23,9 miliar pada 2013 lalu. Tahun lalu, ia tak memiliki saingan saat membawa pulang tuna seberat 200 kg yang dihargai US$117 ribu atau sekitar Rp1,5 miliar setelah tawar menawar.

Harganya memang luar biasa mahal, tapi Kimura memastikan pembelian itu layak untuk bisnisnya. Setiap tahun, lelang dini hari di pasar ikan ini selalu menjadi headline berita di Jepang. Kimura akan memotong ikan tersebut agar rata di puluhan gerainya.

Sayangnya, lelang 2017 di Tsukiji ini bisa jadi jadi yang terakhir. Pasar ikan terbesar dunia ini akan pindah lokasi. Gubernur Tokyo Yuriko Koike menunda pindahnya hingga tahun depan, setelah lokasi baru selesai diuji terkait masalah kesehatan dan lingkungan hidup.