Vaksinasi DBD di Rumah [lifezette]

Vaksinasi DBD di Rumah

PinkKorset.com, Jakarta – Masyarakat Indonesia dapat bernapas lega dari ancaman DBD karena kini tersedia vaksin penyakit ini dan dapat dilakukan di rumah.

Sejak 2016 vaksin demam berdarah dengue (DBD), Dengvaxia telah beredar di Indonesia. Vaksin yang efektif untuk pasien umur 9-15 tahun ini dapat dilakukan di rumah. Sehingga Anda tidak perlu repot menuju ke pusat pelayanan kesehatan.

Sebenarnya vaksin ini tersedia untuk segala umur. Hanya saja vaksin DBD untuk umur di luar 9-18 tahun masih menunggu proses registrasi dan administrasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Perwakilan aplikasi layanan kesehatan on-demand, Medi-call Indonesia dr Stephanie Patricia mengatakan, saat ini tanda bintik merah dan demam tinggi sudah tidak bisa lagi dijadikan acuan untuk mengidentifikasi gejala DBD. Sehingga masyarakat harus mengambil angkah cepat bila terkena demam berdarah.

“Jika terlambat ditangani, pasien bisa mengalami kebocoran plasma dan perdarahan saluran cerna hingga mengakibatkan kematian,” katanya dalam keterangan pers di Jakarta, Selasa (31/1/2017).

Tindakan preventif atau pencegahan DBD melalui vaksinasi sangat diperlukan. Pemberian vaksinasi dapat lebih aman dengan adanya dokter di rumah. Anda dapat dengan mudah memanggi dokter terdekat dari rumah melalui aplikasi berbasis Android, Medi-call.

Aplikasi yang diluncurkan sejak akhir 2016 oleh para dokter Indonesia ini dipercaya para dokter di Bali untuk memberikan pelayanan lebih cepat. Para warga dan wisatawan di Bali memanfaatkan aplikasi ini untuk mendapatkan layanan kesehatan segera di mana saja. Medi-call akan meluncur di Jakarta pada Februari 2017 dan segera tersedia di OS App Store.

Belum Ada Berita Terkait