Waspada Rokok Merusak Sistem Pencernaan [narconon]

Waspada Rokok Merusak Sistem Pencernaan

PinkKorset.com – Merokok tak hanya berdampak pada kesehatan paru-paru tetapi juga menimbulkan segudang masalah pencernaan.

Racun pada rokok siap merusak tubuh Anda, termasuk sistem pencernaan. Kendati efek rokok tidak memengaruhi langsung seperti halnya paru-paru, tetapi menyebabkan banyak masalah serius pada sistem pencernaan.

Faktanya merokok menyebabkan kanker paru. Bahkan menghisap asap tembakau ini juga memicu kanker perut, kanker usus dan kanker kolorektal. Merokok juga meningkatkan keasaman usus halus dan meningkatkan risiko infeksi bakteri H.Pylori.

Perokok yang terinfeksi bakteri tersebut akan lebih mudah mengalami tukak lambung (ulkus peptik). Mereka pun berisiko tinggi terkena luka lambung belrubang, perdarahan dan luka parah.

Tak hanya itu saja, merokok menyebabkan makanan dalam usus halus bergerak kembali ke lambung. Efek ini seperti naiknya asam lambung ke kerongkongan (acid reflux). Penyakit inflamasi usus, Crohn disease pun siap mengintai perokok.

Kebiasaan buruk ini juga meningkatkan risiko hipertensi akibat penyempitan pembuluh darah. Dampak hipertensi juga mengurangi aliran darah perut dan merusak jaringan sekitarnya.

Semua risiko kerusakan sistem pencernaan dapat ditekan dengan menghentikan merokok dan melakukan gaya hidup sehat.