Ekonomi Syariah di Dunia Berkembang Pesat [pakistantoday]

Ekonomi Syariah di Dunia Berkembang Pesat

PinkKorset.com, Jakarta – Saat ini konsep ekonomi syariah berkembang pesat selaras perkembangan gaya hidup halal di dunia.

Di tengah kelesuan ekonomi konvensional, konsep ekonomi syariah justru menjadi sorotan karena perkembangannya. Kini masyarakat muslim mulai memilih gaya hidup berbasis syariah. Terlihat dengan meningkatnya permintaan beragam produk fesyen, kosmetik, travel dan makanan dengan konsep halal.

“Perkembangan bisnis syariah di Indonesia, bahkan di Asia, Eropa dan Amerika Serikat berkembang sangat pesat. Trennya luar biasa kuat,” ucap Corporate Communications & Sharia Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo dalam diskusi Prudential bertajuk Syariah untuk Semua di Jakarta, Rabu (7/3/2018).

Pesatnya perkembangan ekonomi syariah di dunia ini ditandai dengan beberapa pertumbuhan sektor bisnis, khususnya lini gaya hidup.

Nini menjelaskan, nilai bisnis fesyen muslim di Indonesia mencapai Rp54 triliun , Nike melirik konsumen muslim dengan menjual Nike ProHijab sportswear di 20 negara, nilai bisnis kosmetik halal di Asia Pasifik Rp17,3 triliun (naik 10%), bisnis travel dunia mencapai Rp2,2 triliun (naik 12%) dan bisnis makanan serta minuman dunia Rp16,7 triliun (naik 6%).

Ekonomi Syariah di Dunia Berkembang Pesat

Meningkatnya kebutuhan gaya hidup berbasis syariah ini selaras dengan minat masyarakat Indonesia dalam memilih produk asuransi syariah, khususnya Prudential.

“Menurut survei kami, sebanyak 40% responden menginginkan asuransi syariah. Sementara 47% memilih asuransi konvensional dan 13% terbuka pada asuransi apa saja,” ucapnya.

Saat ini asuransi syariah menjadi pilihan karena dianggap lebih aman ketimbang asuransi konvensional. Asuransi syariah berdasarkan konsep tolong menolong bukan bunga yang masuk kategori riba.