Kiat Pilih Brankas Kuat [themanual]

Kiat Pilih Brankas Kuat

PinkKorset.com, Jakarta – Anda harus jeli memilih brankas karena tidak semua produk ini kuat menyimpan barang berharga.

Kendati lemari besi atau brankas tampak kuat tetapi tidak seluruhnya dapat melindungi barang berharga Anda dari berbagai risiko pencurian, kebakaran hingga bencana alam.

President Director PT Indosan Berkat Bersama Hindra Kurniawan mengatakan, semua brankas terlihat sama tetapi tidak sama. Tampilan bagus belum tentu selaras dengan kegunaannya.

“Ada lima hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli brankas,” katanya dalam talkshow lemari besi SAN dan Underwriters Laboratories di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

1. Kebutuhan
Anda perlu sesuaikan ukuran dan daya tahan brankas dengan barang berharga. Tak hanya sesuai kapasitas, ada baiknya brankas selaras dengan estetika. Misalnya saja warna brankas menyesuaikan dengan dinding maupun perabot lain.

Kiat Pilih Brankas Kuat

2. Kualitas
Brankas harus berkualitas untuk melindungi barang berharga dari berbagai kemungkinan buruk. Anda perlu mengetahui tingkat kualitas brankas dari beberapa ketahanan, seperti tahan bongkar, tahan api dan tahan keduanya.

3. Standar keamanan
Brankas berkualitas memiliki sertifikat dan salah satunya dari organisasi internasional untuk sertifikasi dan pengujian keamanan, Underwriters Laboratories. Brankas lulus sertifikasi Underwriters Laboratories memiliki label berlogo UL.

Kiat Pilih Brankas Kuat

Hindra menambahkan, salah satu brankas bersertifikat UL adalah SAN. Produk ini memiliki sertifikat UL untuk tahan bongkar dan tahan api. Serangkaian pengujian meliputi daya tahan api mencakup suhu dan kelembaban internal brankas, tahan banting ketinggian 30 kaki, pembobolan dengan berbagai peralatan, bahan kimia hingga peledak.

“Sertifikat UL ini penting bagi produsen dan konsumen,” sambungnya.

Standar keamanan UL untuk tahan bongkar tersedia beberapa kelas atau tingkatan. Brankas dengan kode TL-15 menandakan tahan bongkar dengan perkakas mekanik dan listrik tertentu selama 15 menit, sedangkan TL-30 tahan hingga 30 menit.

Sementara sertifikasi UL tahan api meliputi tiga tingkat.

  • Class 350: tahan suhu 176 derajat Celsius, kelembaban maksimal 85% dan cocok untuk simpan dokumen kertas.
  • Class 150: tahan suhu 65 derajat Celsius, kelembaban maksimal 85% dan ideal simpan pita magnetik, CD/DVD serta dokumen kertas.
  • Class 125: tahan suhu minus 3 derajat Celsius, kelembaban maksimal 85%, memiliki segel kedap air dan pas untuk berbagai dokumen kertas serta media elektronik.

Kiat Pilih Brankas Kuat

Untuk sisi penguncian, brankas tersedia kunci analog, digital dan kombinasi. Kunci digital memberikan kepraktisan namun terbatas umur pakai baterai yang bertahan 2 tahun. Sementara kunci digital analog lebih tahan lama tanpa menggunakan baterai. Adapun kunci kombinasi memberikan perlindungan berlipat.

4. Harga
Kualitas brankas selaras dengan harga yang ditawarkan. Ini disebabkan material, desain dan pengujian brankas membutuhkan biaya tidak sedikit.
“Jangan tergiur harga murah dan desain menarik,” ucapnya.

5. Layanan purna jual
Adanya layanan purna jual sangat penting untuk mendapatkan kenyamanan klaim akibat kerusakan tertentu.

Belum Ada Berita Terkait