Segudang Manfaat Sehat Kebun Raya [baltimoresun]

Segudang Manfaat Sehat Kebun Raya

PinkKorset.com, Jakarta – Kebun raya bukan sekadar tempat konservasi saja. Lebih dari itu, kebun raya menyimpan segudang manfaat sehat.

Ternyata kebun raya memiliki manfaat untuk kesehatan manusia, misalnya saja meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan kedokteran di Jepang dan Korea Selatan merekomendasikan terapi jalan-jalan di taman kota atau kebun raya (forest bathing) kepada pasien untuk mengendalikan kanker sekaligus meningkatkan sistem imunitas.

Wakil Bendahara Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI), Karen Tambayong mengatakan, ada pula terapi memeluk pohon untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap pohon maupun lingkungan. Sehingga pepohonan memberikan rangsangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

“Bahkan orang yang sering berjalan kaki di kebun raya memiliki daya ingat yang tajam dan menurunkan risiko munculnya penyakit,” katanya saat talk show di sela-sela Festival Ibu Hebat di Jakarta, Sabtu (15/12/2018).

Pada dasarnya kebun raya dibuat sebagai tempat konservasi berbagai macam flora dan fauna agar tidak punah. Selain sebagai habitat satwa, kebun raya juga memiliki fungsi ekologis. Dalam sebuah kota seharusnya memiliki 30 persen ruang terbuka hijau seperti taman kota.

Sementara bagi pelajar, kebun raya bermanfaat sebagai sarana edukasi. Mereka dapat mempelajari aneka flora dan fauna.

“Mengajak anak dekat dengan alam membantu mereka mengurangi stres sekaligus menurunkan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD),” pungkasnya.