Strategi Hero Supermarket Bertahan di Ritel Offline [PinkKorset]

Strategi Hero Supermarket Bertahan di Ritel Offline

PinkKorset.com, Bekasi – Selama puluhan tahun Hero Supermarket tetap bertahan sebagai ritel offline, bahkan di tengah gempuran ritel online.

Hampir lima dekade Hero Supermarket hadir di Indonesia dan memiliki 32 outlet di seluruh Indonesia. Di zaman penjualan serba online, supermarket ini tetap berdiri dan berekspansi. Kendati tidak sedikit peritel offline gulung tikar akibat kalah saing dengan peritel online atau platform e-commerce yang memberikan layanan cepat dan praktis.

Berbeda dengan peritel offline lainnya, Hero Supermarket mengusung konsep premium yang menyasar kalangan menengah atas. Umumnya segmen pasar tersebut mengutamakan healthy lifestyle. Sehingga Hero Supermarket menyediakan beragam produk yang mendukung gaya hidup sehat, organik hingga makanan siap santap nan sehat.

“Ini karena kalangan menengah atas lebih memperhatikan gaya hidup sehat,” ucap GM Corporate Affairs PT Hero Supermarket Tbk., Tony Mampuk saat pembukaan Hero Supermarket Lagoon Avenue di Bekasi, Jumat (21/12/2108).

Kebiasaan konsumen untuk memilih produk makanan sehat, sambung Tony, masih melakukan cara konvensional. Misalnya saja masih datang ke toko, memegang dan melihat produk serta membelinya jika cocok.

“Sementara e-commerce tidak memberikan pengalaman belanja seperti itu. Karena penampilan fisik barang tidak bohong” katanya.

Selain itu, Hero Supermarket membekali para staf khusus untuk pengetahuan makanan sehat. Sehingga mereka bisa memberikan rekomendasi memilih maupun mengolah makanan sehat kepada konsumen.

Strategi Hero Supermarket Bertahan di Ritel Offline

[Para staf Hero Supermarket mampu merekomendasikan produk dan cara mengolah makanan sehat kepada konsumen]

“Ini yang menjadi pengalaman yang tidak bisa dirasakan konsumen di tempat lain maupun ritel online,” ujarnya.

Kendati masih bertahan di ritel offline, Hero Supermaket berencana melebarkan segmentasi konsumen online.

“Saat ini kami masih tahap penjajakan,” pungkasnya.

Hero Supermarket hadir di Indonesia sejak 1970 dan dikenal dengan konsep gerai modern yang menyuguhkan produk kualitas premium. Hero Supermarket menjadi bagian dari PT Hero Supermarket Tbk., yang menanungi berbagai merek ritel seperti Giant, IKEA dan Guardian.

Hero Supermarket paling anyar didirikan di Lagoon Avenue, Bekasi sekaligus menjadi outlet satu-satunya di Bekasi dan ke-32 di seluruh Indonesia. Gerai terbaru ini bernuansa batik dengan luas area hampir 1.000 m2 dan menyuguhkan lebih dari 10 ribu jenis produk. Kini Hero Supermarket juga menyediakan in-house bakery O-Fournil berkonsep fresh from the oven.