Tanamera Coffee Rambah Pasar Asia [Tanamera Coffee]

Tanamera Coffee Rambah Pasar Asia

PinkKorset.com, Jakarta – Menginjak usia kelima gerai kopi Indonesia ini melakukan ekspansi pasar ke negara tetangga.

Sejak awal Tanamera Coffee menyasar pasar domestik dengan membuka 11 kedai di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Makassar. Kini kedai kopi Indonesia ini melebarkan sayap bisnisnya di negara-negara Asia.

Senior Marketing Executive Tanamera Coffee, Natasha Tirtadjaya menuturkan, memasuki tahun ke-5 ini, Tanamera Coffee berekspansi ke pasar Asia, dimulai dari Singapura dan Malaysia.

“Rencanannya kedai di Singapura buka April nanti dan Malaysia kuartal tiga atau empat tahun ini,” ucapnya usai Perayaan Ulang Tahun Tanamera Coffee ke-5 di Jakarta, Kamis (24/1/2019).

Tak hanya ekspansi pasar internasional saja tetapi juga domestik. Tahun ini Tanamera Coffee akan membuka tujuh kedai yang tersebar di Medan, Palembang, Jakarta dan Surabaya. Hingga akhir tahun ini, Tanamera Coffee akan memiliki 20 gerai di Indonesia, Singapura dan Malaysia.

“Nantinya cabang baru di Surabaya akan menjadi kedai Tanamera Coffee terbesar,” katanya.

Natasha meyakini Tanamera Coffee mampu bersaing di pasar domestik maupun internasional dengan menyuguhkan kopi terbaik asli Indonesia. Sejak awal didirikan, kedai ini menggunakan 100% kopi Indonesia jenis Arabika.

“Kami bekerja sama dengan petani kopi lokal dan hanya memilih buah kopi yang merah,” sambungnya.

Tanamera Coffee Rambah Pasar Asia

Sementara itu, Master Roaster Tanamera Coffee John Lee bertanggungjawab menyediakan biji kopi siap sangrai (green beans) berkualitas dari para petani lokal. Ia berkeliling ke berbagai daerah penghasil kopi di Indonesia untuk menemukan potensi biji kopi terbaik.

“Mimpi saya menjadikan kopi Indonesia lebih berkualitas dan banyak diterima di pasar dunia,” ujarnya.

Setelah bekerja sama dengan petani kopi di Gayo dan Toraja, kini John membina petani di Desa Manikliyu, Kintamani, Bali. Ia memberikan arahan dan edukasi kepada para petani untuk menghasilkan kopi lebih berkuantitas dan berkualitas.

“Bali dipilih karena infrastrukturnya paling bagus. Banyak juga orang asing dan lokal datang ke Bali untuk bikin kopi,” tutur laki-laki berkebangsaan Korea ini.

Sejak pertama kali Tanamera Coffee didirikan pada 2015 hingga kini 44 penghargaan internasional berhasil diraih dari International Coffee Award. Kedai kopi ini sukses memboyong Champion International Roaster dalam Melbourne International Coffee Expo berturut-turut pada 2015 dan 2016.

Bisnis Tanamera Coffee tak hanya sebatas kedai kopi saja. Ada pula penjualan kopi untuk retail dan B2B, pelatihan kopi (barista, brewing, espresso basic, latte art basic dan roasting class) dan penjualan mesin sangrai kopi dan mesin espresso profesional.