Alasan Milenial Lebih Suka Belanja Online

PinkKorset.com – Generasi Milenial di Asia Pasifik ternyata lebih suka berbelanja online. Mengapa?

Zebra Technologies Corporation (Zebra) merilis hasil survei bertajuk Shopper Study 2020 untuk wilayah Asia Pasifik. Riset tersebut merupakan penelitian pasar di industri yang menganalisis kebiasaan pembeli, karyawan toko, pemimpin industri ritel, hingga tren ritel dan teknologi.

Dari sisi demografi, milenial memiliki porsi besar dalam pembelian online. Sebanyak 86% milenial memilih untuk berbelanja online dibandingkan langsung pergi ke toko fisik. Alasannya, mereka pergi ke toko fisik namun seringkali kehabisan stok sehingga lebih memilih membeli barang secara online.

Generasi X menunjukkan minat yang cukup tinggi untuk belanja online dibandingkan pergi ke toko fisik dengan persentase mencapai 56%. Sedangkan generasi Baby Boomers hanya 25% saja yang bersikap serupa.

Berbelanja langsung ke toko fisik biasanya dilakukan pelanggan untuk bisa langsung mengecek kondisi barang yang diinginkannya. Hal tersebut dinilai menjadi faktor yang sulit untuk diberikan e-commerce yaitu kepuasan instan. Namun, jika dilihat dari segi harga, 29% pelanggan diketahui memilih meninggalkan toko fisik karena harga barang yang mereka cari tidak cocok dengan harga di toko online.

“Untuk memenangkan hati pembeli saat ini, pebisnis ritel harus menghadirkan pengalaman multi-channel disesuaikan dengan keinginan pelanggan. Mereka juga harus mampu memanfaatkan teknologi untuk menyediakan layanan yang lebih personal dalam rangka mengelola inventaris dan membangun operasi yang lebih cerdas,” ujar APAC Vertical Solutions Lead, Healthcare and Retail Zebra Technologies George Pepes.

Keunggulan lain yang ditawarkan e-commerce adalah pengembalian tanpa batas. Pelanggan senantiasa diberikan pengalaman baru dalam berbelanja. Tidak heran, 81% para pemain industri ritel setuju bahwa mengelola pengembalian online merupakan tantangan yang banyak dihadapi saat ini. Toko-toko online kini memiliki multi peran mulai dari pusat distribusi, memenuhi pesanan, hingga memudahkan proses pembelian agar lebih dekat dengan pelanggan.

Belum Ada Berita Terkait