Apa Beda Mentega dan Margarin?

PinkKorset.com –  Di dunia kuliner, mentega dan margarin adalah bahan makanan yang sangat populer.

Selain untuk membuat kue dan melapis roti, mentega dan margarin juga sering digunakan sebagai pengganti minyak goreng. Lalu, apa beda keduanya?

Mentega (butter)

Mentega terbuat dari cream susu atau lemak hewani yang memiliki kandungan kolesterol dan lemak jenuh cukup tinggi. Sebagai produk alami yang tidak mengandung trans-fatty (asam lemak trans), mentega biasanya mengandung vitamin A, D, E, dan K yang hanya larut dalam lemak.

Mentega berwarna sedikit cerah / putih karena mengandung padatan susu. Dengan wangi yang sedap dan rasa lebih gurih saat digunakan membuat kue, tak heran bila harganya lebih mahal dibandingkan margarin.

Apa Beda Mentega dan Margarin?

Margarin

Margarin berbahan dasar minyak atau lemak nabati, dengan kandungan lemak jenuh lebih sedikit dibandingkan mentega. Margarin memiliki warna lebih kuning dengan tekstur lebih padat atau kaku, serta stabil di ruang suhu (tidak mudah meleleh).

Kendati aromanya tidak sewangi mentega, margarin memiliki daya emulsi bagus, yang dapat memberikan cita rasa gurih dan mengurangi remah roti sehingga mampu menghasilkan tekstur kue yang memuaskan.

Apa Beda Mentega dan Margarin?

 

Belum Ada Berita Terkait