Aplikasi Komunikasi untuk Kerja Remote [responsesource]

Aplikasi Komunikasi untuk Kerja Remote

Pinkkorset.com – Bekerja remote atau bekerja tanpa perlu datang ke kantor kini menjadi tren. Komunikasi yang lancar pun menjadi tantangan tersendiri.  

Di Indonesia, sekitar 34% pekerja memilih untuk menjadi tenaga kerja remote. Indonesia juga menjadi negara kedua terbesar setelah India (56%) dalam hal telecommuting/remote work Demikian menurut temuan lembaga riset Ipsos pada 2012.

Namun, kerja remote tentu memiliki tantangannya sendiri. Salah satunya adalah melakukan panggilan konferensi yang efektif dan mudah dijangkau banyak orang.

Ya. Komunikasi adalah komponen terpenting yang menentukan kesuksesan dan kelancaran dalam melakukan suatu pekerjaan. Komunikasi harus dilakukan sebaik mungkin untuk menghindari konflik, menjaga keutuhan, dan mendukung kemudahan dalam bekerja.

Saat ini telah tersedia berbagai aplikasi yang tentunya menjadi solusi yang tepat dan mudah bagi para remote worker untuk berkomunikasi.

LINE Group Call

Diluncurkan pertama kali pada Maret 2016 lalu, LINE Group call awalnya hanya menyediakan panggilan suara, tetapi pada Desember 2016 fitur ini sudah dilengkapi dengan panggilan video. LINE Group Call dapat menampung hingga 200 orang secara bersamaan dan tersedia untuk mobile maupun PC. Panggilan konferensi cukup dilakukan langsung dari aplikasi LINE. Ini berarti, pengguna bisa melakukan panggilan konferensi, baik menggunakan video atau suara secara gratis.

Aplikasi Komunikasi untuk Kerja Remote

Telegram

Telegram adalah sebuah aplikasi chatting yang memungkinkan pengguna mengirim pesan, berbagi foto, video dan audio serta bertukar file yang ter-enkripsi dengan ukuran sampai 1,5 GB. Kelebihan lainnya adalah super group yang mampu menampung sampai dengan 10.000 member per group. Telegram juga dapat digunakan pada berbagai platform atau sistem operasi seperti Android, iOS, MacOS, Windows OS dan Linux OS (versi desktop) secara bersamaan.

Aplikasi Komunikasi untuk Kerja Remote

Google Hangout

Sebagai perusahaan raksasa digital di dunia, Google juga turut memberikan solusi efektif untuk membantu komunikasi saat kerja remote. Google Hangout adalah cara paling praktis untuk berkomunikasi dengan tim maupun klien, terutama bila pengguna menggunakan layanan Google untuk kehidupan sehari-hari. Dengan terintegrasinya semua aplikasi berbasis Google melalui satu akun, maka Google Hangout menjadi pilihan ideal untuk berkomunikasi.

Aplikasi Komunikasi untuk Kerja Remote

Skype

Selama ini Skype dikenal sebagai aplikasi untuk video call. Tetapi, aplikasi ini ternyata memungkinkan pengguna melakukan chatting hingga berbagi file dengan tingkat keamanan yang cukup tinggi.  Pengguna juga dapat terhubung langsung melalui sistem komputer dengan siapapun di kontak Skype, melakukan panggilan dan bergabung dalam rapat dengan sistem telekonferensi video.

Grup Skype yang dibentuk pada September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, Amerika Serikat. Saat ini jumlah pengguna aktif bulanan Skype mencapai 300 juta orang.

Aplikasi Komunikasi untuk Kerja Remote

Slack

Slack adalah salah satu tools yang paling banyak dipakai untuk kerja remote karena layanannya yang cukup lengkap, mulai dari chatting hingga berbagi file. Kelebihan Slack terletak pada kemampuannya membuat beberapa chatroom sesuai masing-masing tim, serta notifikasi yang tidak mengganggu, sehingga pengguna dapat memantau apa yang terjadi sembari tetap fokus menyelesaikan pekerjaan.

Berawal dari aplikasi internal di perusahaan Tiny Speck, Slack akhirnya dirilis untuk umum pada Agustus 2013 dan sukses mendapatkan 8000 pengguna dalam waktu 24 jam. Bulan Juni 2015 pengguna Slack mencapai lebih dari 1 juta orang. Aplikasi Slack cukup fleksibel karena dapat digunakan di ponsel maupun PC dengan berbagai operating system seperti Android, iOS, dan Windows.

Aplikasi Komunikasi untuk Kerja Remote

HipChat

Tool satu ini didedikasikan untuk kalangan pekerja karena bisa mengombinasikan berbagai fitur seperti chatting, screen-sharing, video call, hingga berbagi file. Istimewanya, HipChat dilengkapi dengan fitur archive yang memungkinkan penggunanya mengakses file lama hanya dengan mengetik di kolom pencarian. Aplikasi yang memungkinkan pengguna membuat chat room hingga 5 orang ini ideal bagi komunikasi yang sifatnya casual serta meeting dengan berbagai anggota tim.

HipChat terintegrasi dengan layanan lebih dari 150 aplikasi lain, seperti Twitter, Jira, Bitbucket, GitHub, Asana, Google Hangouts, Zendesk, google drive dan lainnya. Pengguna pun akan mendapatkan notifikasi terbaru ke semua aplikasi yang terintegrasi.

Aplikasi Komunikasi untuk Kerja Remote

Belum Ada Berita Terkait