Arti Desain Rumah Pada Kualitas Hidup

PinkKorset.com – Desain rumah ternyata sangat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang.

Hal itulah yang berusaha dibuktikan oleh Greta Elsa Nurtjahja dari Universitas Pelita Harapan.

Greta menjadi Pemenang Utama dalam Asia Young Designer Awards 2020 dengan karyanya yang berjudul “Rumah Kopi A Communal House of Coffee”.┬áDengan mengadaptasi Unsur Lokal Kampung Buni Kasih, Jawa Barat, Ia menampilkan perspektif manusia yang memiliki naluri alami untuk dekat dengan alam.

Rumah Kopi mengusung peran dari arsitektur vernacular yang memerlukan proses kontinu dengan mengadaptasi perilaku, kebiasaan, dan budaya setempat.

“Rumah Kopi terinspirasi dari rumah penduduk setempat di Kampung Buni Kasih, Jawa Barat. Rumah Kopi dirancang dengan mengadaptasi unsur kelokalan, rumah tersebut dirancang untuk meningkatkan kualitas hidup penduduk dengan tetap menghormati kepercayaan, kebudayaan, sejarah, alam serta bagaimana melestarikan esensinya,” jelas Gretadi Jakarta, Rabu, (29/7).

Ia menjelaskan bahwa konsep dari Rumah Kopi yang dirancang sebagai ekspresi paling murni dari hubungan arsitektur dengan bumi dan topografi melalui struktur atap yang berlapis, dengan tujuan untuk menciptakan atmosfer interior lingkungan alami.

Desainnya bertujuan untuk mempertahankan sebanyak mungkin lanskap asli.

“Keberadaan Rumah Kopi diharapkan akan menjadi bentuk baru dari ruang hunian sebagai ruang kontemplatif manusia dengan alam, pusat budaya bagi masyarakat, juga sebagai ikon ekonomi Kampung Buni Kasih,” ujar Greta.

Greta menjadi salah satu perwakilan dari Indonesia pada ajang kompetisi Asia Young Designer Awards (AYDA) Summit yang ke-13 dengan tema “Forward: A Sustainable Future”.

Belum Ada Berita Terkait