Kedai Starbucks Jepang Gunakan Bahasa Isyarat

PinkKorset.com – Starbucks Coffee Japan Ltd. membuka kedai di Nonowa National Store, Kunitachi, Tokyo. Uniknya, kedai ini akan melayani Anda menggunakan bahasa isyarat.

Pembukaan kedai Starbucks dengan bahasa isyarat itu dilakukan pada Sabtu (27/8/2020) akhir pekan lalu. Kedai ini merekrut 25 staf dengan 19 di antaranya tunarungu.

“Saya berharap semua orang, mereka yang memiliki pendengaran atau tidak, bisa menikmati kopi kami,” kata Eri Otsuka, penanggungjawab kedai Starbucks di Nonowa, dengan bahasa isyarat dalam konferensi pers secara daring dan dikutip Japan Times, Selasa (30/6/2020).

Kedai Starbucks di Nonowa ini merupakan kedai kelima yang mengguanakan bahasa isyarat. Dua kedai lain ada di Malaysia, kemudian Amerika Serikat (AS) dan di China.

Kedai Starbucks Jepang Gunakan Bahasa Isyarat

Pengunjung yang tidak mengerti bahasa isyarat tak perlu khawatir, Starbucks di Nonowa National Store itu menyediakan contekan di dinding. Anda pun bisa mencoba memesan latte dengan instruksi bahasa isyarat sederhana di dinding.

Di meja pengambilan pesanan, terdapat layar digital yang mencantumkan nomor antrean dengan angka latin dan bahasa isyarat. Layar itu juga akan mengajari Anda bahasa isyarat sederhana, seperti salam dan terima kasih.

Starbucks Jepang mendirikan kedai bahasa isyarat ini dengan tujuan menjalin koneksi antar manusia melalui bahasa tubuh dan berusaha memberikan peluang lebih banyak bagi para tunarungu yang ingin bekerja sebagai barista. Selain itu, kedai ini adalah ekspresi terbaru, juga wujud komitmen Starbucks, yang turut berjuang melawan kesetaraan, keragaman, dan inklusi.

Kedai Starbucks yang dibuka di tengah pandemi ini menerapkan sejumlah penyesuaian. Seperti membatasi jumlah pengunjung dengan nomor antrean yang bisa dipesan secara online atau datang langsung. Para pegawainya juga memakai faceshield yang terbuat dari bahan transparan.

Belum Ada Berita Terkait