Menghemat Kuota Internet di Masa Pandemi

PinkKorset.com – Beralihnya berbagai kegiatan offline menjadi online, membutuhkan akses internet yang lancar dan kuota data yang besar. Bagaimana mengatasinya?

Kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah selama masa pandemi membuat berbagai kebutuhan masyarakat meningkat, baik terhadap perangkat digital seperti laptop, tablet atau smartphone, maupun terhadap akses internet yang lancar.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan dan sekolah, kebutuhan hiburan pun ternyata membutuhkan kuota internet yang cukup besar. Terutama mengingat tren gaya hidup masyarakat saat ini yang mengarah ke digital lifestyle.

Sebut saja tontonan streaming yang kini sedang booming. Masyarakat kini menyukai tontonan berbayar yang bisa diakses melalui perangkat mobile dan memerlukan kuota data cukup besar.

Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19 2020 dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan bahwa ada peningkatan penggunaan internet setelah penerapan kebijakan work from home (WFH). Sebanyak 56,55 persen responden mengaku kebutuhan pulsa untuk internet bertambah setelah pandemi. Hal ini secara tidak langsung berkontribusi pada konsumsi data yang sangat besar.

Apabila tidak dikendalikan, konsumsi data ini tentu akan menguras dompet Anda.

Memang, beberapa operator telekomunikasi di tanah air telah menyediakan paket data internet dengan tarif terjangkau untuk meringankan beban masyarakat khususnya untuk aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Namun, alangkah baiknya jika Anda turut mengendalikan penggunaan kuota data internet pada perangkat smartphone

Beberapa merek smartphone sudah dapat melakukan pengendalian terhadap kuota data internet.

Caranya mudah. Masuk ke menu pengaturan atau Settings, lalu pilih opsi kartu SIM & data seluler (SIM Card & Mobile Data). Pada bagian bawah terdapat pilihan penggunaan data (Data Usage). Di sini Anda bisa melakukan limitasi pemakaian data seluler di bagian Mobile Data Limit. Sesuaikan limit data bulanan (Set monthly data limit) dan aktifkan fitur notifikasi (Set monthly data warning) yang memberitahukan saat pemakaian data hampir mencapai limit yang diberikan.

Anda juga dapat menghemat kuota data dengan mode hemat daya melalui Data Saving. Apabila fitur ini diaktifkan, maka aplikasi yang bekerja pada latar belakang (background) seperti e-mail, Instant Messaging, dan aplikasi jejaring sosial tidak dapat menggunakan kuota data

Sementara aplikasi yang aktif di depan (foreground) dapat diatur untuk melakukan penghematan data, misalnya mengurangi resolusi gambar. Ketika fitur ini aktif, akan muncul ikon Data Saving di status bar pada bagian atas layar. Anda pun tidak bisa menggunakan fungsi network tethering atau berbagi koneksi internet Wi-Fi dari smartphone.

Produk terbaru OPPO, yakni Reno4 F dapat menjadi salah satu pilihan karena telah menyediakan fitur untuk menghemat kuota sehingga pengeluaran Anda pun bisa lebih dihemat.