Tips Jitu Membangun Bisnis Baru [pxl]

Tips Jitu Membangun Bisnis Baru

PinkKorset.com – Semakin banyak orang memutuskan untuk memulai bisnisnya sendiri. Apakah Anda salah satu yang berniat, namun bingung mau mulai dari mana?

Memang jika dibandingkan 10 atau bahkan 15 tahun lalu, saat ini memulai bisnis sendiri jauh lebih mudah tren ini bisa disebabkan oleh meningkatnya permintaan barang atau jasa tertentu. Jumlah enterpreneur pun kian banyak. Tapi memulai bisnis baru bisa menjadi buah simalakama jika tidak ada persiapan yang matang.

Berikut tips yang bisa Anda terapkan agar lebih siap dalam memulai bisnis baru.

Putuskan: Ingin Mulai Bisnis Baru atau Sekadar Cari Tambahan?

Ini salah satu hal terpenting yang hrus Anda tetapkan sebelum memulai bisnis baru. Apakah Anda serius ingin membangun bisnis baru dari nol atau hanya kerja sampingan untuk mencari tambahan? Belakangan ini, banyak yang mencari usaha sampingan sebagai solusi untuk memperoleh pendapat tambahan selain gaji.

Munculnya layanan seperti mengemudi untuk Grab dan Gocar atau menjadi penyedia akomodasi lewat Airbnb dan Agoda Homes, memungkinkan semua orang untuk mencari uang tambahan dengan praktis. Tren ini juga membuat banyak orang salah mengartikan usaha sampingan sebagai memulai bisnis baru.

Usaha sampingan adalah hal yang Anda lakukan untuk memperbaiki kualitas hidup dengan melakukan pekerjaan ekstra dan mendapat uang tambahan. Anda kemudian menggunakannya untuk melunasi utang, memenuhi hasrat hobi, berlibur, belanja, dan lainnya. Mereka yang mengambil usaha sampingan tak begitu berniat meninggalkan sumber pemasukan utama atau pekerjaan mereka.

Tak jarang bisnis sampingan kemudian berkembang dan Anda pun memiliki pilihan untuk meninggalkan pekerjaan utama untuk fokus mengembangkannya. Bisnis sampingan biasanya dimulai karena muncul sebuah ide, keahlian, atau bakat yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Di sisi lain, usaha sampingan tidak membutuhkan dedikasi sebesar memulai pekerjaan baru.

Hal lain yang perlu Anda pertimbangkan adalah berapa banyak waktu dan energi yang ingin dicurahkan untuk membangun bisnis baru. Apakah ini adalah bisnis yang ingin Anda urus saat ada waktu luang atau ingin mendedikasikan sebagian besar waktu untuk mengembangkan bisnis tersebut? Pikirkan baik-baik dan putuskan apakah Anda ingin melakukan usaha sampingan saja atau memulai bisnis baru.

Perhitungkan Kelebihan Diri

Memulai bisnis membutuhkan usaha, waktu dan pengorbanan. Selain itu, Anda juga membutuhkan bakat, komitmen dan serangkaian keahlian tertentu. Ada baiknya sebelum memulai, Anda menilai apakah sudah siap memulai bisnis baru? Misalnya, Anda mungkin memiliki bakat yang cocok untuk mengembangkan bisnis tapi di sisi lain, masih belum menguasai keterampilan tertentu yang dianggap vital untuk menjalankan bisnis tersebut.

Lalu opsi apa yang bisa diambil begitu menyadari bahwa mungkin Anda tidak memiliki semua keterampilan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis? Untungnya, di zaman modern ini Anda bisa mengasah keterampilan apapun yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Sekalipun tidak memiliki waktu, Anda bisa memakai jasa pekerja lepas untuk membantu memulai bisnis baru.

Rencana Matang Sesuai Tenggat Waktu

Saat memulai bisnis baru, sangat penting untuk membuat rencana yang matang demi mencapai tujuan. Tetapkan tenggat waktu untuk mencapai tujuan tersebut. Seperti halnya dengan tujuan yang lain, semakin bagus dan matang perencanaan Anda, semakin besar pula kemungkinan menyukseskan bisnis. Petakan langkah-langkah yang perlu diambil saat menjalankan bisnis dan, lagi, tetapkan tenggat waktu. Rencana matang dengan tenggat waktu yang pasti akan membantu untuk tetap fokus pada langkah yang harus diambil dan tidak kehilangan jalan. Pastikan Anda sudah menyiapkan semuanya dan jangan menunda-nunda!

Pastikan Waktu Tidak Terbuang

Dalam dunia startup dan bisnis, banyak hal yang bisa menyebabkan kegagalan. Salah satunya, kurang modal atau uang untuk menjalankan bisnis. Bisa pula karena bisnis tidak begitu profit sehingga tidak layak dipertahankan. Ketika bisnis berjalan, pastikan apa yang Anda hasilkan sepadan dengan waktu yang dicurahkan dan pengorbanan lain seperti waktu mengemudi, bahan bakar, serta waktu bersama keluarga.

Mantapkan Ide Bisnis

Sebagian besar ide bisnis mungkin terdengar menggoda bagi orang yang memikirkannya, namun bagaimana dengan praktiknya? Hanya karena terdengar menjanjikan, bukan berarti bisnis itu akan berhasil bagi Anda. Benar, ujilah apakah ide tersebut layak dijalankan atau tidak. Cara termudah adalah meminta saran dari mereka yang membeli. Teman dan keluarga mungkin akan memberikan respon positif, tapi orang lain belum tentu. Tetap saja, jangan cepat berkecil hati dengan banyaknya omongan.

Tentukan Waktu Kerja

Salah satu kesalaham umum sebagian besar entrepreneur baru adalah tidak menganggap bisnis sampingan mereka sebagai bisnis asli. Mereka merasa bisnis sampingan hanyalah hobi yang diharapkan bisa membuahkan hasil. Jika Anda masih memiliki pekerjaan utama, maka sudah jelas kapan datang dan pulang. Namun menjalankan bisnis sampingan harus mencari tahu kapan waktu terbaik. Tidak masalah kapan saja, hanya Anda harus konsisten untuk meluangkan waktu ke bisnis tersebut. Akan lebih mudah jika hal ini sudah diputuskan sejak awal.