Industri pun Harus Bijak Gunakan Air

PinkKorset.com – Kelangkaan air akibat konsumsi yang tidak bijak baik oleh individu atau industri, terus mengancam kelangsungan hidup masyarakat dunia. Bagaimana mengatasinya?

Air sangat penting bagi kehidupan, namun konsumsi air yang berlebihan (overconsumption) untuk memproduksi barang dan layanan yang digunakan setiap hari di dunia telah mengancam ketersediaan sumber daya tersebut.

PBB memperkirakan 40% populasi di dunia akan mengalami kelangkaan air pada 2030. Krisis air global ini dipicu penggunaan air yang tidak bijak serta meningkatnya populasi masyarakat dunia.

Menyadari tantangan tersebut, perusahaan 3DEXPERIENCE Dassault Systèmes  menggelar kampanye ‘Water for Life’ untuk mendukung Sustainable Development Goals (SGD) PBB, khususnya SDG 6, yakni memastikan ketersediaan dan pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan untuk semua.

Kampanye ini menggabungkan tema air dan konsumsi untuk mengeksplorasi berbagai langkah yang bisa dilakukan industri untuk mengonsumsi air lebih bijak serta melindungi sumber daya vital tersebut.

Dalam kampanye ini, Dassault Systèmes akan membantu para pelanggan dari tiga sisi, yakni mengukur dan mengoptimalkan, berinovasi dan berkreasi, serta mengedukasi.

1. Mengukur dan mengoptimalkan jejak penggunaan air

Platform 3DEXPERIENCE digunakan sebagai akselerator untuk mengukur dan mengoptimalkan jejak penggunaan air di perusahaan-perusahaan. Pelanggan akan diberikan solusi industri terintegrasi dengan data pemakaian air, terkait pengalaman yang mereka ciptakan serta dampak dari berbagai opsi desain. Di masa mendatang, rekomendasi AI ini akan memberikan panduan untuk penciptaan produk, layanan serta pengalaman yang baru dan lebih berkelanjutan.

2. Inovasi Water Handprint

Dassault Systèmes mendukung gagasan water handprint melalui 3DEXPERIENCE Lab, dengan memanfaatkan kecerdasan kolektif untuk mempercepat inovasi disruptif seperti EEL Energy. Inovasi ini dapat mentransformasi berbagai proses di industri untuk mengurangi konsumsi air. Gagasan ini juga didukung perjanjian kemitraan dengan inkubator di dunia, seperti OceanHub Africa.

3. Edukasi tentang Air

Dassault Systèmes juga mengembangkan program edukasi untuk meningkatkan kesadaran mengenai isu-isu besar terkait air, serta menginspirasi generasi masa depan untuk melestarikan air, seperti proyek Mission Ocean di Perancis yang didukung La Fondation Dassault Systèmes.

What are the Top Ways My Home Wastes Water?

Bernard Charlès, Vice Chairman dan CEO, Dassault Systèmes mengatakan, dunia menyadari pentingnya melestarikan air dan kini bergerak menuju era baru tanggung jawab dan keberlanjutan atau ‘responsibility dan sustainability’. Dalam program ‘UN Decade to Deliver’ ini, Industri punya peran tersendiri.

“Dunia virtual merupakan kunci penggerak (key enabler) bagi para pelanggan kami dalam mengimajinasikan, mendesain dan menguji produk, materi, dan proses manufaktur baru secara radikal. Semua yang dibutuhkan perekonomian dunia yang lebih berkelanjutan di masa depan. Melalui solusi baru di industri, kami bisa menjadi mitra untuk mendorong bangkitnya industri yang lebih berkelanjutan, sesuai tujuan Paris Agreement.”

 

‘Water for Life’ merupakan aksi lanjutan kampanye ‘The Only Progress is Human’ yang diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran mengenai berbagai tantangan sosial dan lingkungan, dan mendorong pemanfaatan dunia virtual untuk mendorong inovasi yang berkelanjutan.

Inisiatif ini mengajak masyarakat melalui seri “10 Acts” atau “10 Aksi” yang mengambarkan bagaimana pengalaman virtual twin bisa dimanfaatkan untuk menciptakan pengalaman yang berpusat pada manusia dan dunia nyata demi menjawab setiap tantangan Aksi (Act).

Aksi pertama berfokus pada tantangan “bagaimana dunia virtual mengubah cara kita merasakan emosi?” melalui pengalaman musikal dan visual unik “Virtual Harmony” yang menampilkan 3Dvarius, biola elektronik pertama yang dicetak secara 3D dan didesain menggunakan solusi Dassault Systèmes.

Belum Ada Berita Terkait