Mengapa Melatonin Penting bagi Tubuh Anda? [Harvard Health]

Mengapa Melatonin Penting bagi Tubuh Anda?

PinkKorset.com, Jakarta – Ketidakseimbangan hormon melatonin bakal mengganggu pola tidur Anda. Pola tidur yang buruk menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Hormon melatonin yang terganggu memicu pola tidur yang buruk sehingga menyebabkan resistensi insulin yang meningkat dan berkembang menjadi diabetes. Kekurangan tidur juga mengganggu hormon rasa lapar sehingga memungkinkan Anda makan lebih banyak dari biasanya.

Hingga kini para ilmuwan masih meneliti manfaat melatonin selain sebagai hormon yang membantu Anda untuk tidur teratur. Dilansir dari WebMD, melatonin juga memiliki manfaat spesifik antara lain:

1. Memperbaiki Pola Tidur

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa melatonon efektif mengatasi insomnia kronis. Melatonin juga membantu pasien tidur sebelum dilakukan pembedahan. Gangguan tidur pada orang dewasa seperti terjaga hingga dini hari dan tertidur hingga siang hari dapat diubah menjadi normal dengan melatonin.

Begitu juga gangguan tidur pada anak yang disebabkan berbagai kondisi seperti asma, dermatitis, gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif dan gangguan spektrum autisme dapat diatasi dengan melatonin. Hanya saja, konsumsi melatonon pada anak harus melewati persetujuan dokter karena tergolong suplemen hormon.

2. Kesehatan Otak

Kadar melatonin dalam tubuh secara alami menurun seiring bertambahnya usia. Meningkatkan hormon ini dalam tubuh dapat membantu mencegah gangguan otak. Penelitian pada manusia dan hewan menemukan bahwa melatonin dapat menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif seperti ALzheimer dan Parkinson.

3. Kesehatan Mata

Para peneliti berpendapat, tingkat melatonin yang lebih rendah pada orang dewasa yang lebih tua berkontribusi terhadap gangguan degenerasi makula atau penyakit yang menyebabkan kehilangan penglihatan.

Untuk menambah asupan melatonin, Anda bisa mencoba mengonsumsi suplemen. Beberapa ahli menyarankan konsumsi suplemen melatonin sekitar 0,5 hingga 3 mg untuk masalah terkait tidur. Sementara dosis lebih tinggi akan menyebabkan kantuk di siang hari.

Anda juga bisa mengasup melatonin secara alami yang terdapat dalam makanan. Enam makanan yang mengandung melatonin dalam jumlah besar antara lain jus ceri, goji berries, telur, susu, ikan (salmon dan sarden) dan kacang-kacangan (pistachio serta almond).