Cara Memilih Sport Bra [runhaven]

Cara Memilih Sport Bra

PinkKorset.com – Agar efisien, berolahraga perlu didukung oleh perlengkapan yang layak. Salah satunya adalah sport bra atau bra khusus untuk olah raga.

Sebuah sport bra yang ideal dapat membuat latihan Anda lebih efektif, karena Anda tetap merasa nyaman dan bra tetap menopang dengan baik meski Anda berkeringat.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih sport bra?

Jenis Olahraga

Memilih sports bra harus disesuaikan dengan tubuh serta tipe olahraga yang hendak Anda lakukan. Untuk olahraga dengan banyak guncangan seperti berlari, jogging, aerobic, gunakan bra high impact. Jika olahraga Anda adalah yoga, bersepeda, fitness, dan olahraga lain yang tidak banyak berguncang, pilihlah bra dengan low impact.

Idealnya, sports bra harus dapat mengkompresi payudara dengan baik dengan menjaganya berada pada posisi yang dekat dengan dada. Hal ini untuk menghindarkan payudara dari cedera ketika berolahraga.

[evannclingan]

[evannclingan]

Tali Pundak

Sports bra dikatakan nyaman bila ukuran tali pundaknya tidak terlalu longgar ataupun ketat. Tali bra juga harus terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah kendor. Guncangan saat melakukan olahraga bisa membuat tali bra cepat aus.

Sports bra satu tali seperti tank-top membuat tubuh Anda bisa lebih tegak. Sedangkan dua tali membantu menyeimbangkan berat di kedua bahu. Bra dua tali sangat disarankan untuk perempuan yang memiliki payudara besar.

Selipkan dua jari Anda di bawah tali bra untuk mengetahui apakah ukuran tali tersebut sudah pas.Cara lainnya adalah dengan menarik tali di pundak atau dekat payudara. Bila cukup mudah direnggangkan, maka pilihan Anda sudah tepat.

[google]

[google]

Ukuran Cup atau Mangkuk

Untuk memilih sport bra yang nyaman, pastikan mangkuk atau cup bisa menutup seluruh bagian permukaan payudara. Ukuran cup yang lebih kecil hanya akan membuat Anda tidak leluasa dan sulit bernapas ketika berolahraga.

Cup yang tepat juga mampu mengangkat payudara dengan baik, sehingga tidak berayun saat olahraga. Untuk payudara berukuran besar, sebaiknya pilih bra dengan cup terpisah, agar payudara tidak ‘menyatu’.

Untuk mengetahui pilihan Anda sudah tepat, cobalah memakai bra tersebut sambil terlentang. Jika tidak terlalu longgar, berarti bra tersebut sudah pas. Selain itu lingkar bra harus terasa pas benar pada kaitan yang paling luar dan harus membingkai payudara dan area sekitarnya dengan pas.

sport-bra3

Bahan Bra

Bahan sports bra harus yang berkualitas prima dan dapat menyerap keringat dengan baik. Karena bahan katun 100% mudah basah oleh keringat, Anda pun sebaiknya menghindari bra dari bahan ini.

Sports bra idealnya juga terbuat dari bahan yang cukup elastis untuk mengakomodasi berbagai gerakan dalam olahraga. Salah satu model sports bra yang paling banyak dipilih adalah yang tanpa jahitan (seamless) karena tidak membekas pada kulit.

seamless bra

seamless bra

Warna Bra

Warna dan corak bra bisa disesuaikan dengan favorit Anda. Pilihlah yang bisa meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda terlihat lebih seksi.

Agar sports bra bisa awet dan tidak mudah rusak, sebaiknya cuci dengan air dingin menggunakan detergen secukupnya. Hindari penggunaan pemutih dan pelembut.

Sports bra sebaiknya tidak disimpan terlalu lama dan diganti sebelum satu tahun. Waktu ideal untuk penyimpanan sport bra adalah 9 hingga 15 bulan, tergantung pada frekuensi pemakaian.

[cosmopolitan]

[cosmopolitan]