Mantan Vokalis Genesis Raih Penghargaan ‘Prog God’ [bbc]

Mantan Vokalis Genesis Raih Penghargaan ‘Prog God’

PinkKorset.com. London –  Mantan vokalis band Genesis, Peter Gabriel, mendapat penghargaan di ajang tahunan Progressive Music Award untuk karir musiknya selama lima dekade.

Ia menerima penghargaan sebagai ‘Prog God’ atau ‘Dewa Musik Progressive’ di acara yang digelar di Shakespeare’s Globe, London.

Setelah menerima penghargaan itu dari komedian Bill Bailey, Peter mengatakan: “Musik progresif mungkin genre musik yang paling dicela sepanjang masa. Namun, banyak musisi luar biasa yang mencoba mendobrak penghalang guna menolak aturan-aturan dalam bermusik.”

Kepada BBC, dia mengaku lebih nyaman dengan label musik progresif saat ini ketimbang awal karirnya.

“Saya suka keberanian dari sifat ambisi. Kala itu, kami benar-benar merintis. Kami tidak selalu melakukannya dengan tepat, namun ketika berhasil, kami bisa membuat orang bergoyang dan menciptakan keajaiban. Kini saya melihatnya sebagai masa-masa pertumbuhan yang sehat,” ujarnya.

Peter, yang meninggalkan Genesis pada 1975, menikmati kesuksesan secara komersial sebagai penyanyi solo saat merilis album So pada 1986. Dua tembang di dalam album tersebut yang merajai tangga-tangga lagu adalah Sledgehammer dan Don’t Give Up.

Kini, ia masih tampil di panggung musik. Bahkan, selama dua tahun terakhir dia tampil dalam tur Back To Front yang mengedepankan sejumlah musisi yang pernah berkolaborasi dengannya.

Jerry Ewing, editor majalah Prog, yang membuat penghargaan Progressive Music pada 2012 mengatakan Peter adalah musisi berbakat yang mampu keluar dari batasan kreativitas.

“Dari lagu-lagu yang mendunia sampai bereksperimen denngan musik dunia, begitu juga dengan karya luar biasanya di luar musik, merupakan kehormatan untuk memberi penghargaan kepadanya,” ujarnya.

Selain Peter Gabriel, musisi yang juga mendapat penghargaan ialah grup Dream Theater. Band yang terkenal dengan tembang Spirit Carries On tersebut mendapat predikat ‘Band Tahun Ini’.