Christoph Waltz: tak Mudah Punya 2 Piala Oscar [pixgood]

Christoph Waltz: tak Mudah Punya 2 Piala Oscar

PinkKorset.com, Los Angeles – Ingat Kolonel Landa di film Inglorious Basterds? Aktor yang memerankannya, Christoph Waltz, kini meraih sukses di Hollywood dan sudah punya dua Piala Oscar.

Hampir tiga dekade lamanya aktor kelahiran Austria ini meramaikan industri film Eropa. Akhirnya, kesempatan terbuka baginya untuk masuk ke Hollywood, pada 2009 lalu. Pada 1 Desember mendatang, ia akan menerima bintang di Hollwyood Walk of Fame.

Luar biasa bukan, untuk ukuran sosok dari Wina, Austria? Meski suksesnya nyata, bagi Christoph ternyata hidup tak lebih mudah. “Ini perjuangan. Dengan dua Oscar, hidup tak mudah,” katanya.

Karir Christoph dimulai sejak 1979 di Austria, setelah ibunya, Elisabeth, seorang desainer kostum dan ayahnya, Johannes, teknisi panggung, menularinya kegemaran akan seni akting.

Kakek-neneknya juga aktor dan ia mengikuti jejak mereka dengan berkuliah di Max Reinhart Seminar di University of Music and Performing Arts di Wina. Ia melanjutkan pendidikan di Lee Strasberg Institute, New York, Amerika Serikat (AS).

Debut akting dimulai di serial-serial atau film televisi berbahasa Jerman. Tak perlu heran, Christoph fasih berbicara setidaknya empat bahasa yang ada di Eropa. Sebab itulah ia bisa berpindah-pindah negara dengan mudah.

Ia sadar tak bisa hanya terbatas di Jerman. Selanjutnya ia mengadu nasib ke Prancis dan Inggris. Dan di dua negara terakhir itulah ia menemukan pariwisata dalam level tinggi. Tak heran, Prancis dan Inggris memang dua pintu masuk ke Eropa.

Adalah Quentin Tarantino, sineas nyentrik dan berbakat yang memasukkan Christoph ke Hollywood dengan ‘metode navigasi yang tidak ortodoks.’ Namun, dua peran yang membuat Christoph tenar, berasal dari Tarantino.

Yakni Kolonel Hans Landa di Inglorious Basterds (2009) dan Dokter King Schultz di Django Unchained (2012). Dan keduanya membuat Christoph diganjar Piala Oscar dan Golden Globe, membuatnya tenar di Hollywood.

Sejak Inglorious Basterds, Christoph juga berperan di Carnage (2011) besutan sutradara kontroversial Roman Polanski, The Green Hornet (2011), juga meminjamkan suaranya untuk animasi Epic (2013), serta kameo di Muppet’s Most Wanted (2014).

Selanjutnya ia akan tampil di film terbaru Tim Burton, Big Eyes. Sementara saat ini, aktor berusia 58 tahun ini sedang sibuk mempromosikan film terbarunya, Horrible Bosses 2. Yang terakhir ini beda, karena genre-nya komedi.

“Jika serius, pasti bisa,” kata Christoph mengenai komedi.