Nasib Gaun ‘Red Carpet’ Selebritas

PinkKorset.com – Apa yang terjadi pada gaun mewah dan mahal itu setelah para selebritas mengenakannya di karpet merah?

Gaun adalah salah satu fokus perhatian saat seorang selebritas tiba di karpet merah (red carpet). Selain menunjang penampilan, ini adalah ajang persaingan para desainer dan kesempatan besar untuk mempromosikan karya mereka.

Bahkan, banyak desainer bernama besar yang membayar antara US$100-250 ribu agar karya mereka dikenakan! Semakin besar star power seorang selebritas, maka semakin besar bayaran yang diterima.

Ada pula seleb yang hanya meminjam gaun dan aksesoris. Ini sebuah win-win solution bagi si seleb dan desainer, yang sama-sama disebut namanya. Lalu apa yang terjadi kepada gaun-gaun ini setelah dikenakan di red carpet?

“Pada kesempatan langka, desainer akan menghadiahkan gaun itu ke selebritas yang mengenakannya,” kata Ariana Weisner, seorang stylist di Hollywood. Salah satu contoh yang terkenal adalah gaun Versace yang dikenakan Jennifer Lopez pada Grammy 2000.

Rumah fesyen besar seperti Dior, Louis Vuitton dan Chanel akan meminta kembali gaunnya untuk disimpan. Gaun yang khusus diciptakan untuk momen itu takkan dijual untuk umum. Namun lain halnya untuk gaun ‘kelas’ menengah.

Banyak diantaranya berakhir di persewaan gaun, sebuah tempat yang menjamur di kota bertabur selebritas kelas dunia seperti Los Angeles dan New York City. Kadang, desainer akan menjual gaun contoh itu karena gudangnya sudah terlalu penuh.

“Mungkin Anda bisa mendapatkan gaun contoh yang pernah dikenakan selebritas. Kadang harganya bisa sangat murah karena sudah pernah dipakai,” kata Weisner.

Ada pula opsi membeli replika gaun yang dikenakan selebritas di karpet merah. Kadang, ada satu gaun yang begitu melekat dan diproduksi massal. Salah satunya adalah gaun yang dikenakan Kate Hudson di pesta pasca-Oscar oleh Vanity Fair pada 2016.

Gaun supermewah menarik perhatian masyarakat dan juga maling. Pada Oscar 2015, Lupita Nyong’o mengenakan gaun Calvin Klein bertabur enam ribu berlian, diperkirakan senilai US$150 ribu atau sekitar Rp1,9 miliar.

Gaun itu dicuri dari kamar hotel Nyong’o sehari setelah Oscar digelar. Namun secara misterius, gaun itu kembali ke tempatnya. Menurut situs TMZ, si pencuri hanya mencopot dua berlian dan mengembalikannya begitu tahu barang itu palsu.