Apa yang Korea Utara Sembunyikan? [washingtonpost]

Apa yang Korea Utara Sembunyikan?

PinkKorset.com – Korea Utara (Korut) adalah salah satu negara paling misterius di seluruh dunia. Apa yang sebenarnya hendak mereka sembunyikan dari mata dunia?

Belum lama ini, reporter BBC Rupert Wingfield-Hayes, produser Maria Byrne, dan juru kamera Matthew Goddard diusir dari Korut. Selama delapan jam, Wingfield-Hayes ditahan di bandara Pyongyang untuk diinterogasi.

Baca Juga:

Beberapa Hal Tentang Korea Utara

Tak hanya itu, ia juga dipaksa menandatangani sebuah permohonan maaf tertulis. Apa yang mereka lakukan hingga pemerintah Korut berang? Menurut Sekjen Komite Perdamaian Nasional Korut O Ryong Il, saat konferensi pers, tim BBC ‘bertingkah’.

O Ryong Il menilai BBC berbicara buruk mengenai sistem kepemimpinan. Padahal, harusnya BBC adalah media obyektif yang jujur dan adil. Ia berharap pemberitaan mereka juga demikian, obyektif dan benar.

“Tak seharusnya mereka tidak menghormati hukum dan sistem negara ini. Mereka harus mengakui kesalahan itu,” paparnya.

Apa yang salah di sini? Korut cukup piawai dalam menyimpan informasi dan membatasi akses. Reporters Without Borders menilai Korut sebagai negara terburuk kedua di dunia dalam hal kebebasan pers.

Wingfield-Hayes juga tak membuat segalanya mudah. Di awal reportasenya dari dalam Korut, ia sudah menyebut Korut sebagai negara paling terisolasi, miskin, dan tertekan di seluruh dunia.

Dari dalam kamar hotelnya yang memiliki pemandangan lanskap tenang, ia mendiskripsikannya sebagai hidup di dalam sangkar. Ini karena wartawan asing dilarang keliling Korut tanpa pengawal.

Tahun lalu, Anna Fifield dari The Washington Post yang saat ini berada di Pyongyang, jalan-jalan tanpa pengawal. Ia melihat seorang perempuan berjualan kamus Bahasa Inggris-Korut dan bertanya berapa harganya. Kekacauan pun terjadi.

Ia langsung dibuntuti sekembalinya ke kamar hotel dan menyadari, siapapun yang berada di sekelilingnya pasti melaporkan ‘insiden’ itu. Para jurnalis pun bertanya, jika memang tak bisa bebas meliput lalu mengapa mengizinkan mereka masuk?

Apa yang sebenarnya terjadi di dalam Korut?

Baca Selanjutnya: Upaya Korut Memoles Wajahnya