Karakteristik Kambuhnya Kanker Payudara [theconversation]

Karakteristik Kambuhnya Kanker Payudara

PinkKorset.com, Jakarta – Kanker payudara memiliki beberapa karakteristik yang bisa mengindikasikan kekambuhan penyakit.

Kanker payudara dapat menyerang siapa saja, termasuk terhadap penderita kanker yang telah sembuh. Menurut Medical Oncologist Gleneagles Hospital Dr. Khoo Kei Siong, kanker payudara memiliki lima karakteristik.

“Melalui karakteristik ini dapat diketahui penanganan yang tepat untuk meminimalisir kambuhnya kanker payudara,” ungkapnya di Jakarta, Sabtu (22/10/2016).

Ukuran tumor

Secara umum, semakin besar ukuran tumor semakin besar kemungkinan untuk kanker payudara kembali menyerang.

Tingkat histologi tumor

Merujuk pada seberapa banyak sel tumor yang memiliki kemiripan dengan sel normal dilihat dari mikroskop dengan tingkat skala 1-3. Tumor tingkat 3 mengandung sel kanker yang sangat abnormal dan tumbuh pesat. Semakin tinggi tingkat histologis tumor, semakin besar risiko kanker payudara kembali.

Kelenjar getah bening

Jumlah kelenjar getah bening di ketiak pada sisi yang sama dengan payudara yang terkena kanker, bisa jadi indikator penting. Semakin besar jumlah kelenjar yang positif diasosiasikan dengan hasil yang kurang baik dan memerlukan perawatan dan pengobatan yang lebih agresif.

ER/PR

Sekitar dua pertiga dari semua kanker payudara memiliki tingkat estrogen yang signifikan atau reseptor progresteron. Mereka dirujuk sebagai tumor reseptor estrogen positif (ER+). Tumor ER+ cenderung tumbuh kurang agresif dan dapat diobati dengan terapi hormon.

HER2 atau erbB2

HER2 adalah protein pada permukaan sel kanker tertentu. Sebuah tumor dapat digambarkan sebagai HER2 positif apabila tumor tersebut memiliki lebih banyak reseptor HER2 dibanding yang lain.

Sekitar 20-50% kanker payudara memiliki tumor dengan label HER2 positif. Tumor HER2 positif cenderung tumbuh lebih cepat daripada jenis kanker payudara lainnya.

Mengetahui apakah kanker adalah HER2 positif, dapat mempengaruhi pilihan pengobatan yang diambil. Perempuan dengan tumor ini dapat diuntungkan dengan obat trastuzumab (Herceptin).