Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah Foto: berbaga sumber

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah

PinkKorset.com – Berbagai perhiasan mewah Cartier digelar di Grand Palais, Paris, Prancis. Salah satu koleksinya adalah tiara yang dikenakan Kate Middleton saat menikah.

Pameran yang diadakan sejak 4 Desember hingga 16 Februari 2014 ini memamerkan perhiasan milik keluarga kerajaan dan selebritas Hollywood. Kurator dari pameran ini adalah Laurent Salomé , direktur ilmiah untuk Réunion des Musees Nationaux Grand Palais.

Dari 600 buah perhiasan yang dipamerkan, sebanyak 550 berasal dari koleksi bersejarah Cartier, sementara 50 lainnya adalah pinjaman dari museum dan kolektor pribadi di seluruh dunia. Berikut barang-barang yang dipamerkan. 

The Halo Tiara

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah

ki-ka: Ratu Elizabeth II, Putri Margareth, Putri Anne.
Foto: dailymail

Tiara yang dikenakan Catherine atau Kate Middleton ini  adalah perhiasan warisan yang mewah, berhiaskan 739 permata brilliant-cut dan 149 baguette-cut.

Dikisahkan, Cartier pada 1936, pernah ditugaskan seorang laki-laki yang kemudian menjadi Raja George VI, untuk membuat tiara ini bagi istrinya, Elizabeth, perempuan kuat yang tidak lama kemudian berkuasa.

Ia pun memberikan tiara tersebut sebagai hadiah ulang tahun ke-18 pada putrinya, yang kini menjadi Ratu Inggris Elizabeth II. Selama berpuluh-puluh tahun, tiara ini dikenakan oleh saudarinya, Putri Margareth, serta  anak perempuan Ratu elizabeth, Putri  Anne, sebelum akhirnya dipinjamkan kepada Catherine saat menikah dengan Pangeran William.

Cincin Grace Kelly

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah Pameran yang  digelar hingga dua bulan mendatang  ini juga memamerkan cincin pertunangan mendiang aktris Grace Kelly. Grace Kelly, yang pernah jadi putri Monako, mendapat cincin ini dari Pangeran Rainier.
Terbuat dari zamrud seberat 10,47 karat, cincin ini terlihat tersemat di jarinya dalam film High Society, film terakhir sebelum ia mundur dari dunia akting dan memenuhi kewajiban sebagai ibu dan anggota kerajaan.

Bros Flamingo

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah Bros burung flamingo berukuran 9,65 x 9,59 cm milik The Duchess of Windsor, Wallis Simpson juga meramaikan pameran Cartier kali ini. Bros yang dirancang oleh Jeanne Toussaint ini, terbuat dari emas putih, berlian brilliant-cut, zamrud calibré-cut, batu safir, rubi, dan citirine.
Suaminya, Raja Edward, yang turun tahta, memberikan bros ini sesaat sebelum mereka meninggalkan rumah di Prancis karena invasi Nazi.  Dalam satu kesempatan pada 1940, The Duchess  pernah terlihat mengenakan perhiasan ini.

Kalung Liz Taylor

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah Kalung milik aktris Elizabeth Taylor yang dipenuhi mutiara ini merupakan pemberian dari Richard Burton. Batu di kalung ini pernah dikenakan Ratu Mary Tudor di abad ke-16. 
Berabad-abad kemudian, Richard Burton membelinya di lelang dan memberikannya kepada Taylor sebagai hadiah Hari Valentine. Liz kemudian memadukannya dengan ruby dan berlian. Untuk membuat kalung ini, Cartier bekerja sama dengan perusahaan La Peregrina Pearl. 

Gelang Gloria Swanson

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah Cartier membuat gelang ini pada 1930 untuk ulang tahun pernikahan aktris Gloria Swanson dengan Michael Farmer, laki-laki asal Prancis. Swanson memesan gelang ini pada puncak ketenarannya dan mengenakan gelang yang terbuat dari perpaduan berlian, emas putih dan kristal ini pada film-filmnya, seperti Perfect Understanding Sunset Boulevard

Hiasan Rambut

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah

Foto: AFP/Getty Images

Hiasan rambut berornamen indah yang terbuat dari berlian ini dirancang Lousie Carter pada 1902. Perhiasan yang kembali digemari ini pernah digunakan desainer Stella McCartney dalam acara The Met Ball, tahun lalu.

Bross dan Anting Barbara Button

 

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah

Foto: gettyimages

Barbara Hutton adalah salah satu klien terbaik Cartier ketika ia menjadi  salah satu wanita terkaya dunia, sebagai ahli waris pertokoan Woolworth. Dia sangat menyukai harimau dan meminta Toussaint membuatkan bros dan anting-anting tiga dimensi bentuk binatang, yang terbuat dari berlian, zamrud dan onyx. Dia terlihat mengenakan bros tersebut pada 1960, di pernikahan anaknya.

Gelang dan Kalung Maria Felix

Cartier Pamerkan Perhiasan Bersejarah Seorang aktris Meksiko bernama Maria Felix meminta Cartier membuatkannya gelang dan kalung berbentuk ular dan buaya. Kalung berbentuk buaya yang dibuat pada 1975 ini beratnya dari lebih 126 karat.