File Medis Marilyn Monroe Laku Ratusan Juta File medis dan X-Ray Marilyn Monroe (Reuters)

File Medis Marilyn Monroe Laku Ratusan Juta

PinkKorset.com, Los Angeles – File medis mengenai bedah kosmetik mendiang aktris Marilyn Monroe dilelang dan laku ratusan juta.

Bukan rahasia bahwa wajah cantik Monroe memang diperoleh dari ukiran pisau bedah di meja operasi. Meski hal ini baru bisa dipastikan dengan bukti otentik puluhan tahun setelah ia meninggal dunia.

File medis mengenai bukti bedah kosmetik itupun menjadi incaran kolektor. Tak heran dalam lelang akhir pekan lalu di California, file yang berisi catatan dokter dan hasil sinar-x itu laku US$25.600 atau sekitar Rp295 juta.

Lelang digelar oleh Rumah Lelang Julien’s Auctions. Selain file Monroe, Julien’s juga melelang benda-benda pribadi aktris lama Hollywood seperti Elizabeth Taylor, Julie Andrews, Greta Garbo, hingga Putri Diana.

Khusus file Monroe, banyak yang tertarik. Sebab foto sinar-x menunjukkan wajah aslinya. Serta catatan medis yang mengungkap bagian wajah mana saja yang dipermak. Monroe juga diketahui tak memakai nama aslinya.

Ia menemui Dr. Michael Gurdin pada Juli 1958 dan keluhan utamanya adalah ‘cacat dagu’. Pada 1950, Monroe yang masih berusia 24 tahun memakai implan di dagunya, yang menurut dokter mulai terurai.

Implan itu bagian dari prosedur yang disebut tip rhinoplasty, sebagaimana terlihat di ujung hidung bintang ‘Some Like It Hot’ dan ‘The Seven Year Ithc’ ini. Hal ini tercantum di catatan medis yang dilelang tersebut.