Kisah Sopir Truk Pukau Komunitas Film Italia Foto : romacinemafest.it

Kisah Sopir Truk Pukau Komunitas Film Italia

PinkKorset.com, Roma – Film Italia mengenai perjalanan sopir truk keliling Eropa, tak disangka jadi favorit di sebuah festival film.

Film berjudul ‘Tir’ yang dibesut sutradara Alberto Fasulo itu berjaya di Rome International Film Festival dan meraih penghargaan Marc’Aurelio Award untuk Film Terbaik, menyisihkan 17 pesaing.

Film dokumenter itu berkisah tentang seorang guru Kroasia yang alih profesi menjadi sopir truk, karena tertarik dengan tawaran gaji tiga kali lebih besar. Namun, segala sesuatu itu sebenarnya ada harganya, yang tidak selalu bisa diukur dengan uang.

”Tir’ bahkan berhasil mengalahkan saingannya yang cukup berat. Seperti film karya sutradara Amerika, Spike Jonze yang berjudul ‘Her’, dibintangi Joaquin Phoenix dan Scarlett Johansson.┬áJohansson meraih penghargaan di kategori aktris terbaik untuk film tersebut, meski ia hanya meminjamkan suaranya.

Sedangkan aktor Amerika lainnya, Matthew McConaughey meraih Aktor Terbaik untuk ‘Dallas Buyers Club’. Dalam Bahasa Italia, Tir berarti truk minyak yang besar.