Rupiah Menuju Level Terendah 5 Tahun Foto: google

Rupiah Menuju Level Terendah 5 Tahun

PinkKorset.com, Jakarta –  Rupiah terus melemah menuju level terendah dalam lima tahun pada Jumat (20/12/2013) pagi.

Rupiah melemah 0,4% menjadi Rp12.253 per dolar AS pada jam 11.00 WIB. Ini adalah koreksi di harai keempat, atau level terendah sejak 2008.

Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada mengatakan, kondisi mata uang Asia cenderung berada di area negatif setelah pengumuman hasil rapat Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) yang memberikan sinyal pemangkasan stimulus keuangan pada Januari 2014,”Hal ini membawa sentimen negatif bagi nilai tukar domestik,”ujarnya.

Ia pun menilai, spekulasi dan volatilitas masih potensial terjadi, hingga pasar melihat dampak dari tapering off.  Sedangkan dari dalam negeri, ada kekhawatiran larangan ekspor bahan mentah tambang akan memberatkan defisit transaksi berjalan.

Analis pasar uang Bank Mandiri, Reny Eka Putri, mengatakan kebijakan The Federal Reserve Amerika Serikat diharapkan bisa mereduksi tekanan rupiah dan aliran dana asing keluar (capital out flow).

“Pergerakan mata uang rupiah cenderung terbatas, sudah adanya kejelasan dari eksternal terkait tapering off The Fed diharapkan membawa sentimen positif,” katanya.

Ia memperkirakan, dalam jangka pendek kurs rupiah akan bergerak di kisaran Rp11.700-Rp12.000 per dolar AS.

Meski demikian, kata Renny, pelaku pasar sebaiknya mencermati kondisi internal terkait defisit neraca transaksi berjalan Indonesia.

Rupiah sudah melemah 1,1% pekan ini atau total melemah 21% tahun ini. Pemerintah Indonesia masih mempelajari aturan ke pertambangan ini sebelum benar-benar menerapkannya pada 12 Januari. Demkian menurut keterangan Menko Hatta Rajasa kemarin.