Rupiah Pagi Ini Menguat ke Rp11.955 per Dolar AS Foto: livemint

Rupiah Pagi Ini Menguat ke Rp11.955 per Dolar AS

PinkKorset.com , Jakarta – Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin (9/12/2013) pagi ini bergerak menguat terhadap dolar AS menjadi Rp11.955 dari sebelumnya di Rp11.994.

Analis Monex Investindo Futures, Zulfirman Basir mengatakan bahwa penguatan rupiah salah satunya didorong dari data ekonomi China yang membaik sehingga dapat memberikan harapan stabilnya perekonomian negara di Asia.

“Ini dapat memberikan sentimen positif mengingat perbaikan ekonomi China dapat menimbulkan harapan akan membaiknya kondisi neraca perdagangan Indonesia. China merupakan salah satu mitra dagang utama Indonesia,” katanya.

Kendati demikian, rupiah masih khawatir dengan potensi pengurangan stimulus Federal Reserve dalam waktu dekat paska publikasi data tenaga kerja AS yang membaik.

“Selain itu, Investor juga terlihat berhati-hati menanti pengumuman paket kebijakan ekonomi Indonesia untuk melihat keseriusan pemerintah mengatasi perlambatan ekonomi, tingginya inflasi, defisit neraca perdagangan,” ujarnya.

Ia memproyeksikan bahwa pergerakan rupiah di pasar uang hari ini mungkin diperdagangkan di kisaran Rp11.870-Rp12.070.