Terapi Warna untuk Perempuan Hamil Foto: gettyimages

Terapi Warna untuk Perempuan Hamil

PinkKorset.com, Jakarta – Gejala-gejala yang kerap melanda perempuan hamil, seperti depresi, perubahan suasana hati dan hipertensi, ternyata bisa diatasi dengan penerapan warna yang tepat. 

Kehamilan adalah memang suatu proses yang indah bagi perempuan, meskipun di saat yang sama, mereka juga mengalami depresi, perubahan suasana hati dan hipertensi.

Sebagian perempuan mengatasi gejala-gejala tersebut dengan minum obat. Tapi, warna ternyata dapat mengambil peran dalam meringankan masalah dalam kehamilan.

Bagaimana warna dapat membantu perempuan hamil?

Dr Poornima Ramakrishna , konsultan ginekolog dari The Cradle merilis daftar beberapa warna dan metodologi yang bisa diterapkan para perempuan hamil dalam kehidupan sehari-hari.

Oranye

Warna ini sangat berenergi dan memiliki efek kehangatan yang lembut. Hal ini membantu menjaga janin perempuan hamil tetap hangat. Selain membantu untuk menjaga semangat perempuan hamil yang mengalami depresi dan kesepian, salah satu indikasi perubahan suasana hati selama kehamilan. Warna oranye ini bisa dipakai pada salah satu dinding kamar perempuan hamil untuk membantu meringankan suasana hati.

 Biru

Warna biru memiliki efek menenangkan. Hal ini akan membantu perempuan hamil selama fase awal yang aktif untuk tetap tenang. Jika memiliki unsur warna biru dalam ruangan, hal tersebut bisa membantu melepaskan banyak ketegangan dan membuat perempuan hamil tetap tenang.

Hijau

Warna ini dianjurkan bagi perempuan hamil untuk menciptakan suasana tenang dan menenangkan saraf yang lelah.

 

Keterkaitan warna dengan kehamilan adalah pada efek relaksasi yan ditimbulkan pada janin, melalui hormon yang dilepaskan otak, terutama warna-warna natural seperti coklat, hijau dan wana alam lainnya.

Banyak juga emosi yang dapat dikaitkan dengan warna, misalnya melihat taman indah dengan warna-warna cerah atau bunga-bunga yang bermekaran, bisa memberi semangat dan rasa relaks bagi perempuan hamil.