Minuman Tepat Untuk Bumil [livestrong]

Minuman Tepat Untuk Bumil

PinkKorset.com –  Memasuki masa kehamilan, para perempuan sebaiknya menjaga asupan cairan ke dalam tubuh mereka.

Semua hal yang dikonsumsi bumil, tak pelak akan sangat memengaruhi kesehatan, baik ibu maupun janin yang dikandung.

Lalu, minuman apa saja yang aman bagi ibu hamil?

Air Putih

Air putih sangat aman bagi ibu hamil, asalkan air putih yang sudah matang. Selain menyegarkan dan mengurangi risiko dehidrasi, air putih juga bisa membantu melancarkan aliran darah.

Susu

Susu mengandung sumber kalsium yang baik untuk tubuh ibu hamil juga janin. Di masa kehamilan ini, Anda bisa mengonsumsi susu khusus ibu hamil yang diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral seperti asam folat. Anda bisa mengonsumsi susu sapi atau susu kedelai. Kedua jenis susu yang berbeda sumber ini, memiliki manfaat masing-masing.

Jus Buah

Jus buah memang pilihan menyehatkan. Pilih buah-buahan yang manis dan aman dikonsumsi oleh ibu hamil, seperti alpukat, jeruk, mangga, sirsak hingga apel. Anda sebaiknya mengonsumsi jus buah tanpa membuang sarinya. Penggunaan gula pun sebaiknya tidak berlebihan karena bisa menyebabkan obesitas.

Selain minuman yang baik, ada pula minuman yang sebaiknya dihindari bumil. Apa saja?

Ketika hamil sebaiknya kurangi mengonsumsi kafein baik itu kopi dan teh, apalagi teh herbal yang mengandung rosemary dan raspberry karena bisa memicu kontraksi.

Anda pun sebaiknya menghindari minuman beralkohol, karena dapat menyebabkan bayi terlahir dengan keterbelakangan mental, kelainan sistem saraf pusat, bahkan meninggal.