10 Kunci Hidup Bahagia [lifestyledaily]

10 Kunci Hidup Bahagia

PinkKorset.com – Pernah merasa sulit untuk bahagia? Merasa perjuangan hidup membuat Anda terbebani dan jauh darai rasa damai?

It’s okay. Memang ada masa-masa ketika perjalanan hidup Anda sulit dan terasa panjang. Meski tak mudah memperolehnya, merasa bahagia layak diperjuangkan. Anda layak merasa lebih baik dengan diri sendiri.

Tapi faktanya, bahagia juga merupakan sebuah pilihan. Dan sebagaimana hal baik lainnya, bahagia bisa dimulai dengan kebiasaan. Bagaimanapun, hidup adalah pilihan dan demikian pula kegembiraan.

Kolumnis HuffPost, Hannah Sentenac, merumuskan sepuluh kebiasaan yang bisa Anda jadikan kunci kebahagiaan berikut ini.

Perhatian

Hiduplah. Masa kini lebih penting dan bisa Anda pastikan. Seperti kata Eckhart Tolle, realize deeply that the present moment is all you have, make the NOW the primary focus of your life. Perhatian arah yang Anda tuju dan apa yang sedang terjadi.

Tertawa

Ungkapan laughter is the medicine harus Anda tanggapi dengan serius. Berbagai studi sudah membuktikan, humor bisa menurunkan level hormon kortisol penyebab stres, melindungi diri dari penyakit jantung dan bahkan memperbaiki daya ingat.

Perbanyak Aktivitas di Luar

Manusia tak diciptakan untuk stuck di depan komputer, dalam ruangan ber-AC, dengan cahaya buatan. Alam semesta adalah sahabat kita dan menghiraukannya merupakan kesahalan besar. Alam meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood.

Olah Raga

Studi Harvard menunjukkan, olah raga adalah resep mujarab antidepresi, khususnya ringan hingga sedang. Juga mengurangi stres, meningkatkan kepercayaan diri, mengendalikan ketergantungan dan banyak lagi. Ini miracle drug yang bukan drug.

Jadi Bagian dari Masyarakat

Membentuk hubungan suportif dengan orang lain merupakan bagian penting untuk bahagia. Tapi ini tidak termasuk teman media sosial Anda. Lingkaran suportif ini sebaiknya orang-orang yang Anda temui dan membahas hal-hal yang disukai.

Sayangi Diri Sendiri

Ini obat segala penyakit. Sayangnya, kita ‘diprogram’ melakukan sebaliknya. Banyak yang meyakini, mengkritik diri sendiri membuat segalanya beres. Tapi, menyayangi diri sendiri juga membuat Anda termotivasi. Sayangi diri Anda, agar bisa menyayangi orang lain.

Spiritualisme

Perasaan bahwa Anda terhubung dengan kekuatan yang lebih besar, memberi makna dan tujuan pada hidup. Studi pada 2009 menyebutkan, spiritualisme merupakan kunci kebahagiaan seorang anak. Perlu dicatat bahwa spiritualisme bukan berarti agama dan memiliki banyak bentuk.

Meditasi

Banyak keuntungan meditasi bagi tubuh dan pikiran. Selain menghilangkan stres dan depresi, meditasi juga meningkatkan daya tahan tubuh dan menciptakan kreativitas. Tak butuh berlama-lama, lima menit sehari sudah cukup.

Bersyukur dan Menghargai

Bersyukur dan menghargai setiap hal akan mengubah perasaan Anda mengenai kehidupan. Buatlah jurnal. Menulislah setiap hari dan Anda akan menemukan hal-hal yang pantas disyukuri dan dihargai, kemanapun mata memandang.

Ubah Cara Berpikir

Mengubah pola pikir negatif dan terdistorsi merupakan kunci kebahagiaan jangka panjang. Belajar mengenali distorsi koginitif, kemudian memilih pikiran yang lebih baik dan realistis, membantu Anda melatih otak. Menantang cara berpikir Anda sendiri, merupakan bagian penting. Sebab Anda bukanlah seseorang yang bodoh, tidak berharga, atau tak layak dicintai. Tak peduli apa yang dikatakan orang.