Bendera Raksasa Berkibar di Tugu Monas [soloraya]

Bendera Raksasa Berkibar di Tugu Monas

PinkKorset.com, Jakarta –  Sudah ke Tugu Monas hari ini? Bendera merah putih raksasa berkibar dengan megahnya di sana.

Bendera berukuran 2.250 meter persegi dikibarkan di Tugu Monas dalam upacara Hari Bela Negara di Silang Monumen Nasional. Bendera raksasa ini diklaim memecahkan rekor Indonesia sekaligus rekor dunia.

‪Berdasarkan Kepres Nomor 28 Tahun 2006, setiap 19 Desember ditetapkan sebagai Hari Bela Negara. Hal ini untuk memperingati deklarasi Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) oleh Syafruddin Prawira Negara di Sumatera Barat pada 19 Desember 1948.

Pengibaran diawali aksi 3 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) yaitu Letnan Djatmiko, Serda Marpaung, dan Serda Joko, yang meluncur dari puncak Tugu Monas.

Peringatan dilakukan oleh gabungan TNI, Polri, dan Pramuka.

Petinju nasional Chris John ditunjuk sebagai pemimpin tim pengibaran bendera. Mengenakan kemeja batik lengan pendek warna coklat, ia memberikan aba-aba pengibaran bendera raksasa tersebut.

Sedangkan komandan upacara adalah atlet binaraga Ade Rai, yang dianggap memiliki segudang prestasi, salah satunya meraih IFBB medali emas SEA Games tahun 1997.

Ade tetap tampil nyentrik dengan rambut panjang yang dikuncir keluar dari lubang belakang topinya. Kali ini, ia mengenakan busana batik berwarna kombinasi cokelat-hijau.

Adapun yang menjadi inspektur upacara adalah Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edi Purdijatno.

Ade Rai dan Chris John bersama panitia peringatan Hari Bela Negara

Ade Rai dan Chris John bersama panitia peringatan Hari Bela Negara

Beberapa tokoh nasional dan menteri ikut menarik tali pengibaran bendera, seperti Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdjiatno, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Upacara ini juga dihadiri beberapa menteri seperti Menpan RB Yuddy Chrisnandi, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menpora Imam Nahrawi, dan lainnya.