Bill Gates: 2035 Tidak Ada Lagi Negara Miskin Foto: worldbank

Bill Gates: 2035 Tidak Ada Lagi Negara Miskin

PinkKorset.com, New York- Bill Gates, orang terkaya di dunia mengatakan bahwa mulai 2035 tak ada lagi negara miskin.

Hal ini terutama ditujukan bagi 35 negara yang digolongkan oleh Bank Dunia sebagai negara berpendapatan rendah, meski telah disesuaikan dengan inflasi.

Menurut laporan tahunan Bill & Melinda Gates Foundations, Rabu (22/1/2014),  mayoritas negara-negara akan memiliki pendapatan perkapita cukup tinggi mulai 2035, melebihi China saat ini.

Ia pun menentang apa yang disebut ” tiga mitos ” untuk menghalangi kemajuan bagi masyarakat miskin. Pertama, negara-negara miskin ditakdirkan untuk tetap miskin. Kedua bantuan asing adalah sia-sia, serta ketiga, menyelamatkan nyawa menyebabkan kelebihan populasi .

Bill Gates dalam wawancara televisi Bloomberg mengatakan, ada harapan yang muncul dari cara pikir yang optimistis. Ia pun menyatakan, sangat berbahaya bila orang-orang hanya melihat berita buruk dan tidak melihat kemajuan yang telah dibuat. “Ini berarti mereka tidak melihat kemajuan, itu membuat mereka kurang murah hati.”

“Keyakinan bahwa dunia ini semakin buruk, bahwa kita tidak dapat mengatasi masalah kemiskinan dan penyakit, tidak hanya keliru, namun berbahaya, “katanya. “Sekecil apapun, dunia akan berkembang ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Bahkan dalam dua dekade, dunia akan lebih baik lagi.”

Ia meyakini, hampir semua negara pada 2035 akan lebih kaya, atau menjadi yang saat ini disebut kalangan menengah. Negara-negara tersebut akan belajar dari tetangga yang paling produktif dan mendapat keuntungan dari inovasi-inovasi,  seperti vaksin baru, bibit yang lebih baik dan revolusi digital.

Pertumbuhan beberapa negara memang akan tertahan akibat perang dan politik, seperti Korea Utara. Atau karena alasan geografis, seperti negara-negara di Afrika Tengah. Namun, Bill Gates memprediksi bahwa lebih dari 70% negara-negara akan memiliki pendapatan perkapita lebih tinggi dari China saat ini, dan hampir 90% negara-negara akan berada di atas India saat ini.