Puluhan Mahasiswa India Belajar Kerajinan Rotan di Jakarta [LCJ]

Puluhan Mahasiswa India Belajar Kerajinan Rotan di Jakarta

Sebanyak 40 mahasiswa dari India mempelajari kerajinan rotan bersama LaSalle College Jakarta di Jakarta.

Para mahasiswa Crescent School of Architecture dari Chennai, India ini tampak antusias mengikuti pelatihan membuat miniatur kursi rotan. Mereka begitu bersemangat membentuk rotan dan merangkainya menjadi sebuah model kursi cantik. Kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi lintas budaya berisi seminar dan pelatihan pembuatan model rotan yang diikuti LaSalle College Jakarta dan Crescent School of Architecture yang diadakan di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

Ketua Sekolah Tinggi Desain LaSalle sekaligus pemilik Grand Sahid Jaya Hotel, Hariyadi B. Sukamdani dalam sambutan acara menuturkan, Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau ini memiliki keberagaman suku, bahasa dan budaya. Beberapa budaya yang paling dikenal yakni batik, tenun dan songket. Begitu pula kerajinan tangan dari tanaman juga tak kalah unik.

Puluhan Mahasiswa India Belajar Kerajinan Rotan di Jakarta

[Workshop kerajinan miniatur kursi rotan oleh para mahasiswa Crescent School of Architecture di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta]

“Dengan kreativitas, masyarakat mengolah bambu dan rotan yang tumbuh subur di Indonesia sebagai material utama untuk mempercantik interior,” ucapnya di Jakarta, Jumat (17/01/2020).

Tak hanya pelatihan rotan, acara ini juga diisi dengan seminar yang dibawakan oleh pengajar-pengajar program Interior Design, LaSalle College Jakarta. Mereka berbagi pengetahuan mengenai Desain dan Arsitektur yang berkembang di Indonesia. Selain itu, ada pula sharing session oleh para mahasiswa dari program studi Interior Desain dari LaSalle College Jakarta yang menceritakan bagaimana mereka terinspirasi budaya Indonesia dalam konsep desain interior dan furnitur.

“Dengan adanya kunjungan ini diharapkan kedua negara dapat saling mempelajari budaya masing-masing, terutama dalam penerapannya di bidang desain secara umum dan desain interior secara khusus.” ucap Ketua Program Studi Desain Interior di Sekolah Tinggi Desain LaSalle, Katherine Suteja.

Crescent School of Architecture memilih LaSalle College Jakarta sebagai tujuan dari kunjungan utama mereka di Jakarta, dikarenakan LaSalle College Jakarta merupakan salah satu Sekolah Tinggi Desain terbaik dan adanya relevansi antara beberapa bidang studi yang juga tersedia di Universitas Crescent School.

Puluhan Mahasiswa India Belajar Kerajinan Rotan di Jakarta

[Perwakilan LaSalle College Jakarta dan Crescent School of Architecture]

LaSalle College Jakarta merupakan sekolah desain internasional yang berpusat di Kanada dan mempunyai 23 kampus di seluruh dunia. Sekolah ini menyediakan delapan program studi yakni: Fashion Design, Fashion Business, Interior Design, Digital Media Design, Photography, Artistic Make Up, Games Arts and Design dan Management of Creative Industries.

Selain mengunjungi Jakarta, para mahasiswa dari India yang didampingi Associate Professors Ar. Vijay K.J, beserta para assistant Professor ini akan menyambangi Bali.