Tema Madaka Hiasi Upacara Kelulusan LaSalle College Jakarta [Lasalle College Jakarta]

Tema Madaka Hiasi Upacara Kelulusan LaSalle College Jakarta

PinkKorset.com, Jakarta – Upacara kelulusan siswa siswi LaSalle College Jakarta angkatan 2020/2021 mengusung tema budaya lokal Sumba, Madaka.

Diselenggarakan pada 1 Oktober 2021 di Ballroom Tribrata-Darmawangsa, Jakarta, upacara kelulusan siswa siswi LaSalle College Jakarta mengusung tema Madaka sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan Sumba yang sangat terkenal dan kaya dengan motif tenun tradisionalya yang indah serta rumit. Dalam kebudayaan Sumba, Madaka adalah pusaka emas melengkung dan bergerigi dari era megatilikum.

Berbeda dengan upacara kelulusan sebelumnya yang digelar megah dan terbuka, pada tahun ini diselenggarakan dengan konsep tatap muka terbatas diikuti protokol kesehatan dengan aturan dan ketentuan pemerintah. Acara ini merupakan bagian dari Pameran 3D Virtual Galeri bertema Madaka hasil karya lulusan seluruh jurusan LaSalle College Jakarta.

Tema Madaka Hiasi Upacara Kelulusan LaSalle College Jakarta

[Upacara kelulusan siswa siswi Lasalle College Jakarta]

Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Desain LaSalle, Hariyadi Sukamdani menjelaskan, setiap tahun wisuda digelar bersamaan pagelaran karya siswa kolaborasi lintas program studi. Namun karena pandemi, konsep pagelaran diubah menjadi virtual show pada 31 Juli – 3 Agustus 2021. Kali ini diselenggarakan secara terbatas dengan prokes ketat.

“Di masa pandemi ini kami prediksi jumlah siswa turun signifikan, ternyata sebaliknya. Minat anak-anak muda untuk belajar desain justru naik,” ucapnya di Jakarta beberapa waktu lalu.

Senada dengan Presiden Komisaris PT Indotex LaSalle College International, Poppy Dharsono, meningkatnya jumlah siswa di masa pandemi menunjukkan minat besar masyarakat di bidang lifestyle. Sehingga lulusan mode dituntut lebih memiliki tanggung jawab pada masyarakat.

“Jika desainer memiliki latar belakang sekolah mode, karyanya lebih bisa diterima pasar,” katanya.

Ia menuturkan, selama pandemi ini LaSalle College Jakarta telah bekerjasama dengan sebuah sekolah mode di Italia. Sekolah ini memiliki akses bagus bagi siswa untuk bekerjasama dengan merek-merek mode internasional seperti Valentino dan Armani.

Tema Madaka Hiasi Upacara Kelulusan LaSalle College Jakarta

Lebih lanjut, Poppy mengungkap, saat ini sangat sulit berkompetisi di pasar internasional jika tidak memiliki ciri khas. Kekayaan budaya kita adalah identitas yang tidak dimiliki negara lain.

“Maka sangat tepat LaSalle College selalu mengangkat tema wastra dan budaya Nusantara pada setiap pagelaran kelulusannya,” tutupnya.

Sekadar informasi, LaSalle College Jakarta pada tahun berikutnya akan membuka program studi sinematografi. Hal ini selaras dengan minat besar pada anak-anak muda yang menyukai gambar bergerak atau video singkat ketimbang membaca.