Cara Atasi Gatal-gatal Pada Kulit Foto: dreamstine

Cara Atasi Gatal-gatal Pada Kulit

Pinkkorset.com, Jakarta – Rasa gatal kadang membuat Anda senewen. Padahal, sensasi itu sebenarnya dirancang untuk membuat kulit Anda tetap aman.

Dengan memicu dorongan untuk menggaruk, kulit Anda menuntut perhatian, yakni untuk membantu melindunginya dari beberapa hal, seperti mikroba atau serangga.

Gatal bisa berawal dari stimulus fisik langsung seperti sweater wol terhadap kulit yang sensitif, demikian juga stimulus internal seperti pelepasan histamin selama reaksi alergi.

Gatal bahkan bisa dipicu imajinasi pikiran Anda. Melihat orang lain menggaruk dapat benar-benar membuat Anda merasa gatal juga!

Dan selama musim dingin, kulit kering akibat udara dingin dan tingkat kelembaban rendah dapat membuat Anda merasa terus-menerus gatal.

Tidak peduli penyebabnya, saraf C-fiber yang terletak tepat di bawah permukaan kulit menjadi aktif dan kemudian mengirim sinyal mendesak tentang rasa gatal ke otak Anda.

Untuk segera meredakannya, Anda biasanya langsung menggaruknya. Padahal, menggaruk dengan kuku  panjang, sangat berpotensi menimbulkan iritasi dan bekas luka pada kulit Anda.

Lalu, apa cara lain yang bisa digunakan untuk meredakan gatal, namun tidak menyakiti kulit?

Melembabkan kulit

Kulit kering menjadi penyebab umum timbulnya rasa gatal. Untuk itu, pastikan kulit Anda selalu lembab dengan penggunaan losyen sehabis mandi. Atau perbanyak minum air putih serta makanan bernutrisi yang dapat membantu melembabkan kulit Anda.

Gunakan Obat Anti Alergi Anthitasmine

Dua penyebab gatal biasanya adalah alergi musiman dan gigitan nyamuk. Oleh karena itu sediakan anthitasmine dan konsumsi ketika Anda mulai merasakan gatal-gatal di permukaan kulit Anda. Jangan lupa untuk menyemprotkan obat anti nyamuk.

Kortikosteroid Topikal

Kortikosteroid topikal merupakan salah satu obat yang paling sering diresepkan dalam pengobatan masalah kulit. Sekitar 50% resep yang ditulis ahli dermatologi adalah kortikosteroid topikal. Obat ini dapat mengobati penyakit radang kulit yang disebabkan oleh infeksi seperti reaksi alergi, eksim, dan ruam.

Obat yang diaplikasi di atas kulit ini memiliki pengaruh fisik seperti mengeringkan, membasahi (hidrasi), melembutkan, lubrikasi, mendinginkan, memanaskan, dan melindungi (proteksi) dari pengaruh buruk lingkungan luar.

Konsultasikan dahulu dengan dokter apakah Anda membutuhkan obat ini atau tidak. Karena risiko yang menyertai pemakaian suatu kortikosteroid topikal sejajar dengan kekuatan terapeutiknya.

Berendam Dengan Oatmeal

Tidak hanya baik untuk diet karena kandungan seratnya yang tinggi, oatmeal atau havermut juga dapat mengurangi gatal-gatal pada kulit karena sifat anti-inflamasi alami yang membantu meredakan kulit gatal.

Taburkan sekitar satu sendok makan oatmeal pada air hangat dan rendam tubuh Anda di dalamnya selama 15-20 menit. Keringkan dengan  handuk dan gunakan losyen untuk menjaga kulit tetap lembab.