Cara Efektif Tangkal Gosip di Kantor Foto: rapgenius

Cara Efektif Tangkal Gosip di Kantor

PinkKorset.com, Jakarta – Gosip adalah aktivitas mewabah, yang menyerang siapa saja dan dimana saja. Lalu, bagaimana cara menangkal bila gosip menyerang Anda di kantor?

Gosip tidak hanya dilakukan oleh perempuan. Laki-laki pun gemar membicarakan orang lain, bahkan tak jarang, dalam frekuensi yang lebih tinggi. Kantor adalah salah satu tempat dimana aktivitas bergosip ini menjamur.

Bila Anda menjadi korban gosip, jangan panik dan bingung mengklarifikasi kemana-mana. Tetap bersikap cool dan lancarkan strategi untuk menangkalnya.

Cari Tahu

Ketika radar Anda pertama kali menangkap bahwa Anda jadi sasaran gosip di kantor, cobalah cari tahu apa yang dipermasalahkan. Mungkin saja gosip itu timbul karena Anda terlalu menarik perhatian. Baik dari cara berpakaian, tingkah laku, kinerja, atau hal lainnya, yang membuat orang lain tertarik untuk menjadikan diri Anda bahan omongan. Meskipun tidak jarang pula, gosip disebarkan dengan niatan buruk, misalnya karena kalah saing, iri dan ingin menjatuhkan.

Introspeksi

Setelah tahu apa yang digosipkan orang-orang tentang Anda, coba introspeksi diri. Benarkah Anda melakukan hal-hal yang dibicarakan tersebut. Kalau masalah seputar pekerjaan, konfirmasi ke bagian HRD. Apakah Anda menyalahi aturan kerja atau tidak.

Abaikan

Bila Anda tidak melakukan sesuatu yang salah, Anda bisa melakukan aksi diam atau tidak peduli. Abaikan semua gosip yang beredar. Tetaplah bekerja secara profesional. Bila pekerjaan Anda menuntut untuk bekerja sama dengan penggosip, lakukan dengan profesional. Selesaikan semua tugas tanpa memusingkan bahwa ia memiliki pemikiran buruk tentang Anda.

Namun bila pekerjaan Anda menuntut tidak berhubungan dengan penggosip, tetap sapa dan jangan lupa beri senyum. Tunjukkan sikap hangat. Jangan terlihat murung atau menghindari pergaulan di kantor. Sikap cuek membuktikan bahwa Anda bukan orang yang mudah terintimidasi dan gampang dijadikan objek gosip. Lambat laun, orang-orang jadi malas membicarakan Anda, dan gosip akan mereda dengan sendirinya.

Ambil Sikap Tegas

Bila Anda sudah mengabaikan gosip, namun berita yang beredar semakin keterlaluan, memperkeruh suasana, bahkan berpotensi mengganggu karier, ini saatnya Anda mengambil sikap tegas. Ajak bicara penggosip secara empat mata, bisa di kantor atau luar kantor. Jelaskan akibat dari perbuatannya terhadap lingkungan kerja dan diri Anda, dengan kata-kata tegas.

Bila langkah ini tidak juga efektif, serahkan pada bagian HRD. Karena divisi ini memang tugasnya menangani masalah kepegawaian bukan? Utarakan bahwa sikap penggosip mengganggu kinerja Anda dan berpotensi menghambat kemajuan perusahaan.

Anda perlu menyadari, tidak ada kantor yang bebas masalah dan gosip. Terpenting adalah Anda sudah melakukan pekerjaan Anda sebaik mungkin dan tidak menyalahi peraturan kantor.