Sederet Pekerjaan yang Muncul Saat Pandemi

PinkKorset.com – Pandemi Corona telah menghantam sektor ekonomi seluruh dunia dan memaksa sebagian warga kehilangan mata pencahariannya.

Namun, pada saat yang bersamaan, krisis kesehatan ini telah menciptakan beberapa pekerjaan baru.

Ketika perusahaan mempertimbangkan cara untuk tetap beroperasi di tengah pandemi, mereka tentu memikirkan cara agar karyawannya tetap bisa bekerja dengan aman, sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Demikian juga berlakunya kondisi new normal yang mengharuskan penggunaan masker dan face shield selama bulan-bulan selanjutnya.

Beberapa hal ini memunculkan kebutuhan akan beberapa pekerjaan.

Berikut beberapa profesi yang dibutuhkan saat pandemi, seperti dilansir dari berbagai sumber:

1. Penguji Covid-19

Para pekerja yang mulai beraktivitas setelah pabrik atau perusahaan dibuka kembali, diperkirakan akan melakukan tes swab. Ini berarti pekerjaan seperti perawat terdaftar dan asisten perawat masih dibutuhkan. Para perawat ini akan melakukan uji COVID-19 di rumah sakit, panti jompo, pabrik dan kantor. Peluang bagi Anda yang mau berinvestasi dalam pelatihan keterampilan.

2. Pengecek suhu

Di era pandemi, mulai dari bandara, stadion olahraga, restoran, sekolah, perusahaan, dan berbagai tempat layanan masyarakat lainnya, mulai megaplikasikan cek suhu kepada setiap orang yang hendak datang.

3. Pengasuh pasien Covid-19

Tidak semua pasien COVID-19 dirawat di rumah sakit. Sebagian masyarakat memilih isolasi secara mandiri di rumah. Ini berarti terbuka peluang pekerjaan sebagai pengasuh pasien Covid-19. Selain membutuhkan pelatihan dan sertifikasi, Anda tentu harus mempertimbangkan risiko terhadap kesehatan mereka sendiri.

4. Layan antar 

Banyak orang yang masih menghindari berada dalam kerumunan pasar atau toko demi terhindar dari penularan COVID-19. Ini berarti, jasa layanan antar barang atau makanan masih sangat dibutuhkan.

5. Jasa titip beli 

Jasa titip beli atau jastip saat pandemi juga meningkat. Di tengah kebutuhan rumah tangga yang terus berjalan dan anjuran pemerintah untuk menhindari keramaian, jastip menjadi pilihan ideal.

6. Petugas penegak hukum

Banyak daerah mempekerjakan petugas keamanan untuk menindaklanjuti keluhan tentang orang-orang yang melanggar aturan social distancing dan kebijakan terkait Covid-19 lainnya.

7. Pembuat dan pemasang alat pelindung

Perusahaan, bisnis dan sekolah perlu memasang alat pelindung seperti perisai dan penyekat plexiglass jika ingin mengakomodasi siswa, pekerja, dan pelanggan dengan aman. Ini berarti akan ada peluang pekerjaan untuk membuat dan memasang alat pelindung tubuh tersebut.

8. Pembuat masker wajah

Masyarakat dunia diperkirakan harus memakai masker selama bertahun-tahun. Masker juga harus tersedia terutama di acara-acara yang menggalang massa, seperti acara-acara olahraga dan konser. Ini sebabnya pekerjaan pembuat masker masih akan dibutuhkan ke depan.

9. Teknisi pendukung Video konferensi

Saat guru mulai beradaptasi dengan kelas virtual, dokter yang berkonsultasi dengan pasiennya serta berbagai kegiatan perkantoran atau lembaga secara virtual, ada kebutuhan yang meningkat untuk dukungan teknis platform video konverensi.