Diet Vegan Bukan Berarti Puasa Daging [abcnews]

Diet Vegan Bukan Berarti Puasa Daging

PinkKorset.com – Diet vegan terbukti baik bagi beberapa orang. Anda berpikir untuk mencobanya tapi khawatir? Tenang dulu, diet ala vegetarian bukan berarti Anda berhenti makan daging.

Jika merasa takkan bisa menghindari konsumsi daging, telur, atau produk olahan susu seperti kaum vegan, Anda tidak sendiri. Ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan tubuh seperti vegan, tanpa berhenti makan steak atau minum kopi.

Lisa McComsey, penulis The Vegan Cheat Sheet, mengikuti diet ala vegan. Tapi ia tak melakukannya bak militan. Ia memiliki porsi untuk segala hal yang dilakukan seputar diet vegetarian.

“Saya mendukung siapapun yang ingin memiliki pola makan yang lebih baik dengan menambahkan tumbuh-tumbuhan dalam menu dietnya,” ujar Lisa. Berikut langkah muda melakukan diet vegan tanpa harus berubah jadi vegetarian.

Atur Konsumsi Daging

Sharon Palmer, R.D.N., penulis Plant Powered for Life, menyarankan pengaturan fleksibel seperti melakukan puasa pantang daging selama sehari. Jika sehari mengonsumsi sayuran ini sudah membuat Anda terbiasa, mungkin bisa ditambah menjadi dua hari dalam sepekan.

“Kurangi makanan yang mengandung daging selama sepekan itu. Jika bisa, berhenti makan daging merah dan utamakan seafood ketimbang daging,” katanya.

Cari Alternatif Daging

Anda bisa memperoleh dampak positif diet vegan dengan beralih ke protein nabati. Cobalah mengonsumsi protein nabati dari kacang-kacangan sebagai sumber protein utama untuk menggantikan daging. Kacang-kacangan ini bisa dikukus, dibuat sup, chili, ditambahkan ke salah atau kaserol.

Siasati dengan Telur atau Olahan Telur

Anda juga bisa mengadaptasi diet laktosa ala vegetarian. Ini berarti menghindari daging, tapi tetap mengonsumsi daging dan telur. Keduanya merupakan sumber protein yang baik selain kacang-kacangan atau biji-bijian.

Karbohidrat Sehat

Keuntungan lain menjadi vegetarian selain tubuh slim adalah karbohidrat. Anda tetap bisa mengonsuminya selama bersifat whole grains alias produk yang menggunakan biji-biji serelia utuh minimal 51% dari seluruh bahan baku. Contoh yang baik adalah quinoa, berries dan barley.

Bereksperimen dengan Pengganti

Menurut McComsey, sangat penting untuk mempelajari apa yang digunakan vegetarian sebagai pengganti makanan sehari-hari dan menggunakannya dalam diet Anda. Misal, ganti krim untuk membuat Fettucini Alfredo dengan krim kacang mede.

Racik Sendiri

Buah, sayuran, kacang-kacangan dan gandum, kata McComsey, kaya akan nutrisi dan protein. Tak seperti produk hewani, tak ada kolesterol dalam produk-produk tersebut. Silakan menjadi kreatif dan cobalah untuk mix and match menu.