Hal-hal Ini Dapat Merusak Kaki [google]

Hal-hal Ini Dapat Merusak Kaki

PinkKorset.com – Kaki merupakan bagian tubuh yang juga perlu mendapat perhatian.

Sebagai penopang tubuh untuk beraktivitas keseharian, kesehatan dan kenyamanan kaki mutlak diperlukan.

Tapi untuk merawatnya, Anda harus tahu lebih dulu beberapa hal yang dapat merusak kaki.

Heels
Jika Anda gemar menggunakan heels sepanjang waktu, lebih baik mengurangi kebiasan ini. Selingi dengan menggunakan flats.

Ahli penyakit kaki Dr. Greene menuturkan, memakai high heels dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan dapat memicu penyakit neuroma yang mengganggu sistem jaringan saraf di kaki. Ketinggian sepatu tersebut juga dapat menyebabkan tegangnya otot pada betis.

Selain berpengaruh pada otot kaki, memakai high heels yang terlalu sering juga dapat menyebabkan nyeri tulang belakang, leher, dan bahu. Terlalu sering menggunakan heels membuat Anda terkena bunion (fraktur kaki). Jika sudah parah, Anda diharuskan untuk melakukan operasi.

Kaos Kaki
Kaos kaki adalah salah satu pelindung kaki. Bila Anda mengenakan sepatu dengan bahan kaku dan keras, kaos kaki dapat melindungi kaki dari sakit dan lecet.

Selain itu, penyimpanan sepatu di tempat lembab, kerap menumbuhkan jamur. Bila tidak mengenakan kaos kaki, Anda dapat dengan mudah terkena jamur. Kaki bisa memerah bahkan terkena infeksi.

Sandal Jepit
Sandal jepit memang alas kaki yang paling nyaman untuk dipakai. Tapi sebenarnya sendal jenis ini tidak menjadi penyokong yang baik untuk kaki dan dapat membuat otot kaki cedera. Tidak hanya itu, pemakaian sandal jepit yang terlalu sering, akan membuat jari-jari kaki melebar.

Sepatu Olahraga
Berapakah umur sepatu olahraga Anda? Semakin lama dipakai dan disimpan, sepatu lari akan kehilangan daya penyokong dan kemampuan untuk menahan tumpuan kaki Anda.

Gantilah sepatu lari Anda jika sudah terada tidak nyaman untuk menghindarkan kaki Anda dari cidera.