IFW: Peluang Emas Bagi Para Merek Lokal Foto: Merida

IFW: Peluang Emas Bagi Para Merek Lokal

PinkKorset.com, Jakarta – Indonesia Fashion Week 2014 diharap mampu membuka peluang bagi merek lokal Indonesia untuk berkembang, baik di tanah air maupun di dunia internasional.

Untuk itulah, tim yang terdiri dari Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) dan Radyatama dengan menggandeng empat kemeterian mengangkat tema local movement disamping green movement.

“Indonesia Fashion Week menjadi arena dimana nantinya akan lahirnya merek nasional, baik yang dijual secara nasional atau yang dikenal di luar negeri, sulit membayangkan bahwa membesarkan suatu merek nasional harus bermula dengan menjualnya terlebih dahulu keluar negeri, sepatutnya mari membesarkan merek-merek nasional di dalam negeri terlebih dahulu,” ujar Taruna K. Kusmayadi, Ketua Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI).

Marie Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menambahkan jika kedepannya, tujuan terbesar yang ingin dicapai di tahun 2025 adalah Indonesia menjadi trendsetter dan pusat fashion secara global.

“Indonesia fashion week sebagai platform untuk mewujudkan mimpi kita agar Indonesia bisa jadi salah satu pusat fashion dunia di 2025,” ujar Maria Elka Pangestu.

Salah satu langkah yang dibuat untuk membuka peluang merek lokal di Indonesia Fashion Week, menurut Maria Elka adalah dengan digelarnya perlombaan fashion desain yang nantinya pemenang pertama akan mendapat kesempatan untuk tampil di Hongkong Fashion Week.

“Kompetisi young designer dilakukan mulai tahun lalu. Pemenang dapat ikut Hongkong Fashion Week. Ternyata setelah ikut, sudah mendapat calon investor dan buyer, dan kelompok young desainer inilah yang saya harapkan akan dibina oleh beberapa kementerian, termasuk perdagangan untuk bisa membuat koleksi dan tentunya memiliki merek.”

Tak hanya kompetisi fashion designer, para pengusaha fashion yang memiliki merek lokal juga berkesempatan bertemu dengan buyer atau investor nasional maupun internasional yang datang ke pameran yang dilaksanakan dari 20 – 23 Februari mendatang.

Mereka dapat melihat langsung hasil rancangan anak bangsa baik di stand maupun pagelaran fashion show Tahun ini, total ada 512 merek lokal yang turut di dalam Indonesia Fashion Week 2014.

Untuk tahun depan, Taruna menargetkan lebih banyak merek dan buyers dibandingkan saat ini, “Insya Allah kita akan melibatkan sekitar 800 merek pada Indonesia Fashion Week 2015, dengan mengundang sebanyak 300 buyers nasional dan internasional.”