India Miliki Jurnalis Transgender [lotus]

India Miliki Jurnalis Transgender

PinkKorset.com, New Delhi – Seorang transgender biasanya sulit bersaing di dunia kerja. Namun,  berbeda dengan India.

Ya. Negari Barata ini kini memiliki pembaca berita (news anchor) transgender. Padmini Prakash yang baru diterima kerja, tampak tampil di Lotus, stasiun televisi bahasa Tamil di Coimbatore, Negara Bagian Tamil Nadu.

Mengenakan Sari (pakaian khas perempuan India) warna hijau, Padmini membacakan berita dengan lancar.

Sebelum masuk studio, Padmini terlihat sedang bersiap di ruang ganti. Ia tampak memperbaiki alis dan merapikan rambut panjangnya. Wajahnya yang lebar pun sudah dirias.

Direktur Lotus GKS Selvakumar mengatakan pihaknya mengadakan rekrutmen dengan serangkaian tes. Pandimi pun dinilai cocok untuk jadi pembaca berita lantaran dia bisa membacakan berita dengan minim kesalahan. “Kami mendukungnya karena ia pekerja keras,” katanya Rabu (24/9/2014).

Pandimi pun akan bekerja di lapangan selama satu bulan. Bulan berikutnya, ia akan menjadi pembawa acara siaran langsung.

Sebelum menjadi pembaca berita, Pandimi bekerja serabutan mulai mengajari menari, teater, ikut kontes kecantikan dan lainnya.

India memang memberi perlakuan yang sama untuk warga negaratermasuk kalangan transgender. Terutama setelah mengakui kelompok ini sebagai jenis kelamin ketiga. Sanksi pun berlaku bagi mereka yang merendahkan kalangan ini.