Kebiasaan Ini Merusak Rambut Anda Foto: prevention

Kebiasaan Ini Merusak Rambut Anda

PinkKorset.com – Jangan-jangan, kebiasaan sehari-hari Anda malah berkontribusi merusak rambut?

Menurut penata rambut Harry Josh, ada banyak hal yang dilakukan perempuan dalam kegiatannya sehari-hari yang justru berdampak pada kerusakan rambut. Apa saja hal-hal tersebut?

Berikut penjelasan dari penata rambut yang pernah bekerja sama dengan Gisele Bundchen, Rose Byrne dan selebriti hollywood lainnya seperti dilansir dari goodhousekeeping.com.

Salah Ikat Rambut

Apakah hingga kini Anda terbiasa memakai pengikat rambut berbahan dasar plastik, logam, atau karet? Jika ya, cobalah untuk menghindarinya karena menurut Josh, ikat rambut tersebut justru dapat mematahkan rambut.

“Sebaiknya, gunakan ikat rambut berbahan dasar kain. Dan jangan pernah gunakan karet gelang untuk mengikat rambut. Mereka adalah musuh terbesar,” ujarnya.

Ekor Kuda

Jika terbiasa menempatkan kuncir rambut ekor kuda di satu tempat yang sama setiap hari, Anda benar-benar menciptakan kerusakan di permukaan rambut daerah tersebut.

“Seiring waktu, rambut di bagian kunciran melemah dan patah sehingga menyebabkan kerontokan,” lanjutnya. Menguncir rambut terlalu kencang juga merusak garis rambut, karena Anda membuat akar rambut tegang.

Pelindung Rambut

Rambut yang tak terlindung dari paparan sinar matahari atau panas, lama kelamaan akan mengering dan mudah patah. Menurut Josh, pelindung rambut sangat diperlukan saat akan menata rambut dengan alat bersuhu panas.

Gunakan jenis produk yang mampu memelihara gaya rambut sekaligus penghalang antara pelat panas dari inti batang rambut. “Beberapa pelindung rambut bahkan melindungi dari sinar UV yang dapat merusak rambut,” imbuhnya.

Menyisir

Menyisir rambut ketika masih basah, terlebih dengan sikat yang kasar dan rapat, akan membuat rambut rontok. Biasakan menyisir dengan sikat yang jarang dan lebar. Lebih baik ditunggu hingga setengah kering, baru menyisirnya.

Tidak pernah menyisir rambut pun bukanlah tindakan yang tepat. Menyisir dapat melancarkan peredaran darah di kulit kepala, serta mendistribusikan minyak hingga ke folikel.

“Folikel sehat berarti rambut Anda juga sehat dan berkilau,” tambahnya.

Pewarnaan

Berusaha mewarna sendiri rambut Anda di rumah, juga berpotensi merusak rambut. Pertama, Anda bukanlah ahli dalam hal ini, biasanya hanya mengira-ngira apakah pewarnaan tepat dan rata.

Anda tak tahu apakah cara tersebut benar atau salah, serta aman tidaknya bagi rambut dan kulit-kulit di sekitarnya.