Kelangsungan Hidup Alam di Tangan Perempuan Foto: PinkKorset/Merida

Kelangsungan Hidup Alam di Tangan Perempuan

PinkKorset.com, Jakarta – Sadarkah Anda produk-produk yang dikonsumsi mulai dari makanan hingga makeup mempengaruhi kelangsungan lingkungan hidup?

Produk-produk yang berbahan dasar minyak kelapa sawit, misalnya, baik yang terkandung di dalam bedak atau digunakan untuk menggoreng makanan Anda sekeluarga.

Ingatkah ada perkebunan kelapa sawit yang lahannya semakin meluas dan tak jarang para pengusaha melakukan perluasan dengan cara-cara yang merugikan alam seperti pembakaran hutan, eksploitasi alam dan lain-lain.

Hal inilah yang disampaikan dalam Festival Film Lingkungan South to South yang digelar beberapa waktu lalu di Goethe Institut, Menteng, Jakarta.

“Pesan South to South ini menghubungkan lokal dengan kota. Artinya, daerah dengan kota itu connected,” ujar Voni Novita, Direktur Festival South to South kepada PinkKorset.com.

Terhubung yang dimaksud adalah apa yang kita konsumsi sehari-hari, baik kertas hingga makanan, itu terkait dengan apa yang terjadi di kampung. Misal pengambilan lahan masyarakat oleh perkebunan besar.

Pesan tersebut  menurut Voni, diharapkan mampu dipahami dan dilakukan oleh masyarakat terutama para perempuan sebagai pengambil keputusan di rumah dalam memilih dan mengonsumsi produk-produk hasil alam.

“Perempuan itu makhluk hebat, ya. Di keluarga, dia pengambil keputusan yang utama,” lanjut Voni.

Gelaran acara Festival Film Lingkungan South to South menampilkan sosok-sosok perempuan yang berhasil dalam bidang penyelamatan dan pemanfaatan lingkungan untuk menjadi inspirasi bagi para pengunjung.